Mereka berkerja dengan tangan telanjang, tanpa masker. Saat musim hujan banyak sampah basah.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Tukang sampanye bekerja tanpa APD tapi jarang sakit

Kedatangan truk sampah, seminggu dua kali, Rabu dan Sabtu, bisa warga kenali dari suara drum plastik diseret di atas jalan beton, lalu diikuti derum mesin diesel truk. Selagi truk berhenti di satu titik, dua tiga petugas menjemput sampah.

Petugas pendahulu itu tak hanya mengeluarkan kantong plastik hitam besar wadah sampah dari bak dan tas-tas keresek berisi sampah kering maupun basah, tetapi juga memunguti sampah di atas jalan, dari bungkus makanan hingga masker bekas pakai.

Sampah yang terjatuh dari truk juga mereka pungut. Semuanya mereka lakukan dengan tangan telanjang, tanpa masker, bahkan saat pandemi tinggi kasus.

Dengan nyaman seorang petugas — sebutan umumnya adalah tukang sampah — bekerja sambil merokok. Ketika tangan memegang sigaret pastilah kotor, apalagi ketika musim hujan banyak sampah basah karena tak semua bak sampah berpenutup.

Mungkin kekebalan tubuh mereka lebih tinggi dari kita yang mudah sakit perut jika makan dan minum yang kurang higienis.

Tanpa petugas sampah semua orang kerepotan. Apalagi saat libur lebaran: banyak sampah dari dapur dan meja makan.

Petugas sampah tanpa masker maupun sarung tangan

Truk Sampah

Rapat RW: Jangan buang sampah di sini

Mari membuang sampah di lahan orang

Mari Membuang Sampah dengan Merdeka

Buanglah sampah di lahan orang, karena Tuhan Mahapengampun

Kita boroskan makanan sebagai sampah Rp330 T

Di IKN nanti mestinya dilarang buang baterai

4 thoughts on “Kesehatan petugas sampah itu bagaimana ya?

  1. Mungkin mereka itu para superman dalam versi lain, Paman.

    O ya di lingkungan saya tukang sampah datang tiap hari, salah satunya sehari-hari bekerja di kelurahan saya sebagai Kaur Kesra atau jabatan apa, gitu. Mereka libur di hari Minggu dan hari-hari besar nasional.

    1. Saya juga heran, orang-orang yang hidup keras di jalan krn tak punya rumah itu kok tampak tègès ya? Eh tapi mereka cepat tua.

      Petugas sampah kayaknya pegawai rekanan pemkot. Eh gak tau juga ding. Truknya pelat merah kayaknya. Pegasus honorer PPSU apa ya? Waktu truk sampah milik Pemkot Bogor pada rusak, sampah tak tersangkut.

      1. Petang tadi ngobrol dengan mas tukang sampah yang tiap hari ambil sampah di kedai istri (beda orangnya dengan yang biasa ambil sampah di rumah).

        Dia bilang mobil sampah itu berpelat merah, sedangkan status dia pekerja kontrak per tahun. Mas itu berharap tahun depan jadi karyawan kontrak lima tahunan (tadi dia sebut singkatannya tapi saya lupa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *