↻ Lama baca < 1 menit ↬

Buana bakery logo lama dan baru

Roti Buana yang tersebutkan dalam judul itu tanpa bukti kuat. Saya mencoba mengingat apakah Buana termasuk yang kena pengindonesiaan paksa oleh pemerintah pada 1995 untuk merayakan 50 Tahun Indonesia Merdeka. Oh, rupanya Buana tak termasuk. Buana Bakery baru ada pada 1997 (¬ Detik).

Lalu, mau cerita apa ini? Saya kurang termutakhirkan oleh aneka info. Ternyata Buana Bakery berganti logo dan nama, melakukan rejuvenasi. Saya tahunya tadi saat mendapatkan dus kue. Dalam benak kadung melekat logo lama Buana yang memberi kesan klasik.

Sejak awal 2020 saya jarang bepergian, terutama karena Covid-19, dan harus berhemat, tak banyak yang saya lihat. Lalu saya cari info. Salah satunya Buana Bakery & Coffee di Blora, Jateng, akhir 2020 (¬ Gaduh.id). Kalau di Kaliwungu, Kendal, Jateng, April 2022, dagangan di gerai masih memakai dua versi logo.

Soal jenama memang tak gampang. Citra lama yang kuat bisa saja berjarak dari konsumen belia. Maka Monami pun berganti logo dan desain grafis kemasan, agar tak terkesan sebagai pusat camilan rapat generasi kolonial.

Monami logo lama dan baru

Holland Bakery belum berubah. Sementara Buana di Jalan Raya Pondokgede, Jaktim, sudah lama tutup. Begitu pun Sanitas Bakery, dari Semarang (1920), di Jalan Ahmad Dahlan, Jaksel. Tetapi desain logo Sanitas sudah lama berubah, memasukan klasik dan modern secara pas.

Sampel toko roti dan kue angkatan lama di Jakarta sila lihat Klasika Kompas edisi 2016.

Monami berganti desain kemasan

Senyum Indonesia dalam kotak kue

Gambang tanpa suling tanpa keromong

Kedai Kopi Regina’s Bakery

Roti Gambang cap Lauw @ Rp5.000

Roti dari Mesir di jalanan Jakarta

Roti Djoko nongol lagi