Ini sebuah alasan atas nama kepentingan egosentris saya yang mungkin tak berfaedah bagi orang lain. Saya berterima kasih kepada pembaca Blogombal.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Alasan rubrik Nemu Posting Lawas di Blogombal

Untuk pertanyaan dalam judul, ada jawaban yang bisa diterima semua pembaca: orang tua suka membahas masa lalu karena mereka nggak move on; hari ini dan apalagi esok bukan milik mereka. Puas?

Bagi saya ada alasan tambahan kenapa menambahkan kategori atau “rubrik” baru Nemu Posting Lawas (NPL).

Dasar alasan adalah akhirnya saya ngeblog lebih untuk kepentingan egosentris, yakni untuk terus berlatih menulis sekalian merawat ingatan agar dapat menunda aras atas kepikunan. Lagi pula ngeblog yang tak pernah ngetren itu kini tak menarik lagi bagi penyukanya pada masa lalu. Lalu selain itu?

  1. Saya tak ingat pernah menulis apa saja, hingga saya menulis ini sudah terbit 6.241 posting sejak 2006, padahal sebagian posting lawas bisa berisi hal menarik pada tahun-tahun terlewat, dan bisa juga masalah yang hingga kini sudah selesai atau… malah belum teratasi
  2. Ada masa saya tetap ngeblog tetapi saya kunci, selama lima tahun, 2014—2019, sehingga belum pernah dibaca orang kecuali karena giringan Google dan nemu di Posting Acak
  3. Dengan membaca ulang lalu mengangkat alasan #1 dan #2, saya terbantu dalam menggali arsip untuk saya tampilkan dalam related post secara manual

Untuk #3, kadang saya buntu dalam pencarian judul. Namun bisa juga saya mencarinya secara melipir, melalui komentar. Ada yang postingnya ketemu karena saya ingat Sandalian pernah menyebutkan “triangulasi” ketika dia mengomentari sebuah posting perihal jarak tempuh pekerja di Jabodetabek.

Terus berlatih menulis ini penting bagi saya agar kemampuan berbahasa Indonesia saya tak cepat tergerus. Hanya ini bahasa yang lebih saya kuasai selain bahasa Jawa nonbaku — artinya saya bilingual, bukan?

Mengapa saya ngeblog lagi

Sudah lewat eranya, kok masih ngeblog. Overdosis pula!

Stok bahan ngeblog bukan masalah bagi saya

Tukang sayur mengira saya dapat duit dari ngeblog

2 thoughts on “Buat apa sih ada kategori Nemu Posting Lawas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *