↻ Lama baca 2 menit ↬

Sunkist peras tanpa gula di Kunasi Bandung

Seiring perjalanan usia saya tak sesering saat muda gemar minum es. Padahal saat ini cuaca merepotkan. Bisa hujan dan sejuk bahkan dingin lalu panas menggerahkan. Saya tetap mudah kehausan.

Dahulu air putih dari kulkas maupun air anyes dari dispenser saya sukai. Tetapi karena beberapa kali mengalami radang tenggorokan, dan dokter menganjurkan jangan, apalagi saat kepanasan pol, mana pakai sedotan pula (untunglah saya kurang suka sedotan), maka kebiasaan itu saya hentikan. Begitu pun minuman dingin bersoda, yang tentu manis, termasuk Tebs dari Sosro, banyak sekali saya kurangi.

Tentu kadang saya masih minum es. Misalnya es kopi hitam tanpa gula alias es americano serta cold brew. Lebih terasa menyegarkan badan. Es krim? Saya masih suka. Pekan lalu di Bandung yang sejuk saya memesan perasan Sunkist. Teh lemon mint dengan leci saya tolak karena manis.

Semua itu juga soal kebiasaan. Milenial dan Gen Z menurut kesan saya cenderung menyukai minuman dingin. Saya pernah heran, beberapa kali duduk pagi hari di kantin sekolah sebelum kelas dimulai, semua anak yang singgah mengambil minuman dingin. Saya yang memesan kopi panas jadi merepotkan orang dapur karena tak ada minuman hangat, bahkan teh panas pun tak ada. Kalau air minum yang tidak sedingin es sih ada.

Lemon tea leci di Kunasi Bandung

Tentang es krim, untuk sekian lama sejak bocah hingga dewasa, saya menganggap itu hanya cocok untuk cuaca panas. Maka dahulu kala saya heran saat naik perahu pagi menyusuri sungai di Hobart, Tasmania, Australia, melihat anak-anak makan es krim di tepian padahal cuaca membuat saya menggigil.

Keheranan yang sama saya peroleh saat pagi yang bermatahari, tetapi tetap dingin, banyak keluarga di Amsterdam, Belanda, memarkir sepeda di taman, makan es krim. Makan, bukan minum, karena digigit dan dikunyah, setidaknya dikulum. Ternyata es krim bagus untuk aklimatisasi. Setelah itu malam hari dingin pun saya berani makan es krim.

Ihwal benar tidaknya es krim bikin batuk, atau tidak boleh saat flu, sila lihat Hellosehat, Klikdokter, dan Alodokter.

NPL: Rindu es krim Wall’s Calippo (2014)

Es Loli Fruity Zap Kesukaan Saya

Bocah Tua Jajan Es Krim

Ada botol dalam sebotol es kopi satu liter

Gombalan saat pagi mendung muram

Gula dalam penantian kartu BPJS