Diabetisi boleh makan mangga tapi jangan yang kelewat matang karena kadar gulanya tinggi. Lebih sip kalau gratis.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Mangga harum manis gratis

Saya bukan orang saleh, pun anak Pak Soleh, tetapi saat ini saya punya rezeki, mangga, dari pemberi yang berbeda. Terima kasih dan terima jadi untuk orang-orang budiman dan budiwati. Lalu, apakah orang diabetes boleh makan mangga lebih dari seiris pendek?

Resminya sih saya bukan, atau belum, menjadi diabetisi. Ini klaim subjektif, tanpa didukung hasil uji laboratorium. Sejauh saya baca sekilas, diabetisi boleh makan mangga. Saya merujuk sejumlah situs yang artikelnya sudah direviu dokter. Artinya jelas pertanggungjawabannya.

Empat mangga beda jenis beda ukuran dan beda rasa

Misalnya blog pribadi ini mau bergaya media berita, ya mestinya selain merujuk artikel otoritatif, lebih sip kalau makalah ilmiah seminar sampai jurnal ilmiah, juga mewancarai dokter dan ahli gizi.

Meskipun boleh menyantap mempelam (Jawa: pêlêm), diabetisi harus membatasi diri. Dalam sehari , diabetesi cukup makan satu buah mangga — jangan yang terlalu matang, karena kadar gulanya tinggi — agar gula darah tak terlalu naik. Porsi bisa dibagi, setengah untuk pagi, dan sisanya untuk malam sebelum tidur (¬ Dokter Arina Heidyana, Klikdokter).

Seperti kata penceramah kondang, intinya adalah pengendalian diri. Dalam 100 gram penyajian buah mangga, terdapat karbohidrat 15 gram dan 13,7 gram gula (¬ HalloSehat).

Kalau mau tahu serba-serbi mangga, di Amerika Serikat ada National Mango Board, sebuah organisasi nirlaba. Info di sana lengkap. Aneka resep menu minuman dan makanan bermangga ada, misalnya margarita dan salad. Soal sehat dan toyiban halalan belum tentu, karena koktil mengandung alkohol. Malah resep kuliner bermangga Indonesia di sana melibatkan daging babi: Indonesian spicy mango pork skewers.

Mangga murah dan enak karena gratis

Untuk resep sehat sila tengok laman Klinik Mayo, AS, ini lembaga bereputasi dalam informasi medis dan kesehatan karena Universitas Mayo punya fakultas kedokteran. Di sana ada salsa mangga.

Mangga capek

Mangga besar bukan teman si jali-jali

Soal ancaman gula dan terhadap gula-gula

4 thoughts on “Mangga, Mang! Manis ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *