↻ Lama baca < 1 menit ↬

Telaah tabung gas untuk anak SD

Saya tak pernah memperhatikan apakah plastik merah segel tabung gas ada tulisannya. Tadi karena iseng, saya pun jadi tahu. Ada alamat distributor pada segel. Ini info menarik. Kalau jadi guru SD saya akan menugasi kelompok murid membahas info pada segel dan mengembangkan temuan.

Setelah segel merah saya buka, suatu hal yang sebetulnya rutin saya lakukan, ada segel plastik seperti tutup botol, berstiker hologram.

Telaah tabung gas untuk anak SD

Bukan hanya itu, pada bagian atas tutup juga ada kode QR. Ketika saya foto, saya tergiring ke situs BrightGas Pertamina. Bagi anak SD tugas menggali dan mengembangkan info macam ini saya andaikan menarik. Bukanlah discovery itu menyenangkan?

Kalau tugas macam ini terlalu berat untuk anak SD ya kita naikkan saja untuk anak SMP. Dalam kelompok ada tugas mengenali energi dapur, sifat elpiji termasuk berat jenisnya beserta risiko kebakaran, dan mengapa elpiji berbau khas.

Telaah tabung gas untuk anak SD

Selain itu juga ada tugas mengapa kadang gas dari tabung tak mengalir ke tungku sehingga kompor tetap mati. Untuk mengatasi masalah, saya mengetukkan gagang karet obeng.

Telaah tabung gas untuk anak SD

Ini memang masalah pelor atau gotri. Apa fungsinya bisa dicari di internet. Misalnya di Blogotech dan YouTube. Gotri atau pin ball bisa dibeli di lokapasar. Jadi anak-anak akan tahu kenapa orang rumah sehabis mengganti tabung gas kadang mengetuk pangkal selang dan regulator agar gas naik ke tungku.

Ingat, fungsi gotri adalah untuk pengaman. Jadi sebaiknya tetap ada.

Elpiji melon si miskin dan masalah pipa gas

Elpiji ini masih untuk orang miskin?

Selalu dapat tabung gas jelek

Nyalakanlah cinta di dapur…