↻ Lama baca < 1 menit ↬

Kini banyak bank tak memberikan bunga simpanan. Memang tergantung nilai rupiah simpanan sih (¬ Detik). Bagaimana dengan bunga untuk simpanan dolar? Saya tak punya rekening USD tetapi dapat bunga.

Betul, bunga dari tanaman daun dolar atau Zanzibar gem (Zamioculcas zamiifolia) yang berasal dari pantai timur Afrika. Saya baru tahu tanaman itu berbunga sehingga juga baru tahu wujudnya, di rumah saya.

Dari laman Wikimedia Commons saya mendapatkan rajah botanis tanaman ini, dengan hak cipta oleh Adolf Engler, biolog Jerman ahli taksonomi tumbuhan, yang menamai si dolar Zamioculcas zamiifolia, pada 1930. Kini gambar ini menjadi public domain.

Kenapa orang Indonesia menamai tumbuhan ini daun dolar saya tidak tahu. Mungkin si pemberi nama suka banknote hijau yang diterima di seluruh dunia. Meskipun kertas dolar itu hijau, Angelika Sondakh menyandikannya sebagai “apel Washington”, untuk USD, padahal apel yang ini berkulit merah. Sedangkan apel hijau, yang Angie sebut “apel Malang”, adalah sandi untuk IDR.

Kembali ke daun dolar, foto-foto lengkap ada di laman Universitas Negeri North Carolina, Amerika Serikat.

Sebetulnya saya ini kaya