↻ Lama baca < 1 menit ↬

Apakah emping melinjo harus dijemur di bawah matahari atau cukup dikeringanginkan?

Seorang pemilik warung perancangan pernah menasihati saya untuk tak menjemur emping mentah. Kalau kerupuk udang mentah boleh. Eh, sebentar. Mungkin malah terbalik. Saya lupa. Pokoknya salah satu berlawanan dengan pengalaman dan pemahaman banyak orang.

Saya cek informasi, ternyata sebaiknya kerupuk udang dijemur di bawah matahari supaya setelah digoreng tidak bantat. Khusus untuk emping dijemur kering lalu dimasukkan ke dalam Tupperware atau kulkas sampai saatnya digoreng (¬ Cookpad).

Kemarin, karena emping mentah masih baru, saya menjemurnya sebentar, mumpung matahari bersinar, sekitar seperempat jam. Sebelumnya saya menjemur kerupuk gendar atau karak mentah. Di mana? Depan gerbang tetangga depan. Dengan seizin pemilik rumah.

Rumah saya menghadap selatan. Saat ini matahari di utara, di belakang rumah saya, sehingga sinarnya tak menggapai halaman depan saya yang sempit. Kalau hanya mengeringanginkan sih cukup di halaman sendiri.

Tak apa menumpang karena belum tentu dua sekali dan saya pilih saat pemilik rumah tak keluar masuk. Demi matahari saya pernah menaruh lampu bertenaga surya untuk pengecasan enam jam pertama di pagar tembok tetangga.

Apakah emping melinjo harus dijemur di bawah matahari atau cukup dikeringanginkan?

Menjemur kerupuk di pinggir jalan

Karak atau lempeng gendar, dari Salatiga

Enigma karak dan Goenawan Mohamad