Selembar utuh kertas koran untuk menampung karak goreng mengantarkan saya kepada tulisan tentang pameran lukisan Goenawan Mohamad.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Enigma karak dan Goenawan Mohamad

Usai menjemur sebentar, karak gendar mentah saya bawa ke dapur. Istri saya sudah menggelar koran untuk alas karak setelah nanti matang berminyak. Apakah koran dan tintanya higienis? Sejauh ini kekebalan tubuh kami mengatakan begitu.

Nah, di luar urusan kesehatan ada hal yang menarik: koran itu memuat tinjauan pameran yang karya seni rupa Goenawan Mohamad yang biasa disebut GM (Kompas, 8/8/2021). Sudah jamak di koran apabila tinjauan seni dan artikel kebudayaan menggunakan kata yang berbeda dari bahasa berita harian.

Lihat saja judul dan ringkasan pembuka tentang GM. Setiap media sudah punya pengandaian siapa pembacanya sehingga redaksi yakin akan pilihan gaya berbahasa mereka. Namun pameran ini memang bertajuk Di Muka Jendela: Enigma.

Enigma karak dan Goenawan Mohamad

Tentang kata enigma, yang sudah diserap oleh KBBI, saya mengenalnya saat SMP dari lagu “The Endless Enigma” (Emerson, Lake & Palmer, Trilogy). Itu salah satu album yang saya sukai, terutama lagu “Trilogy”. Ada yang ringan sih, yaitu “From the Begining”.

GM merampungkan lukisan “Sapardi” dengan mengulang dari awal. Menurut S. Malela Mahegarsari, “Sapardi semula dilukis seperti apa adanya dengan tubuh yang kurus. Akan tetapi, GM terus-menerus mengoreksi tubuh Sapardi itu hingga akhirnya tidak lagi bertubuh kurus.”

Lukisan Sapardi karya Goenawan Mohamad

Lalu enigma karak, seperti dalam judul posting ini, mana? Maaf hanya untuk bergaya, bergenit-genit saja.

Enigma karak dan Goenawan Mohamad

¬ Repro lukisan Sapardi: Wahyudin (Borobudur Writers)

Media dan bahasa yang ramah pembaca

Goenawan Mohamad itu siapa?

Kicauan Goenawan Mohamad

2 thoughts on “Enigma karak dan Goenawan Mohamad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *