Generasi tua tak habis pikir kenapa anak-anaknya suka nirtunai, bahkan dari ponsel, padahal yang uang cash masih diperlukan.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Generasi tua tak habis pikir kenapa kini serba-nontunai dari ponsel

“Anak sekarang aneh ya, Jeng! Masa si Prenjak nggak bisa minjemin duit mamanya dengan alasan nggak ada cash! Saya kan pagi nggak bisa ke ATM, nyuruh pembantu juga nggak mungkin, padahal tukang sayur mau dateng, tukang gas juga. Kudu minjem dulu ke dia, entar saya ganti setelah ke ATM,” keluh Bude Ningnong Ning Gung kepada Kamsi untuk pinjam duit.

“Ya gitulah, Bude. Itu si Ragil juga barusan saya marahin, mau pergi bawa mobil kok duit cuma bawa dua puluh ribu, alasannya kartu tol cukup, ATM beres soalnya abis gajian, dompet digital dalam hape juga ada isinya. Andalannya QR code kayak Peduli Lindungi,” sahut Kamsi.

“Nah! Sama! Pakde juga masih percaya tunai. Masalahnya mau ke ATM kan repot, mana dia juga lagi nggak fit buat nyetir. Napa sih pada berani pergi, tapi di dompet ngepas? Kalo ban bocor gimana? Masa bayar nontunai?”

Saat itu Kamso pulang dari menengok bekas sejawat di blok sebelah. Bude Ningnong dan Kamsi mengulangi rumusan masalah, dengan pertanyaan senada, “Kenapa?”

Sok bijaksini Kamso bilang, “Anak sekarang terbiasa sama nontunai untuk urusan apapun. Mereka juga milih penjual yang mau nontunai. Jadinya klop. Buat mereka lebih praktis dan hemat, nggak ada pembulatan. Cash cuma buat tip kalo nongkrongnya kelamaan.”

“Mas Kamso juga pake aplikasi bayar macem-macem dan m-banking, Bude,” kata Kamsi.

“Terus kalo butuh cash gimana, padahal duit di dompet abis?” tanya Bude.

“Kalo si Ragil ada cash, saya minta, langsung saya ganti pake Gopay atau transfer, Bude,” kata Kamso.

“Kalo nggak ada?”

“Minta aja ama si Nono yang jual ayam geprek, entar anak warung anter duit paling banyak seratus ribu. Lantas saya ganti pake Gopay apa transfer, kadang saya lebihin dikit buat jasa.”

“Nah yang Nono ini aku baru tau, Mas. Besok jangan-jangan transfer ke Noni, Nini, Nina, Nani, Nana, atau siapalah, tapi dibilang buat Nono, tanpa narik tunai,” sergah Kamsi.

“Bahaya ini, Jeng! Situ harus waspada!” kata Bude.

Masalah pembayaran nirtunai

Karena tunai adalah raja

Pembulatan harga belanjaan di supermarket

Masa sih nggak bisa bedain Rp2.000 dan Rp20.000?

7 thoughts on “Terlalu, nggak ada duit cash

      1. salah satunya iya, ngga ingin di-tracking (lewat transaksi elektronik).

        kedua, masalah keengganan orang (kebanyakan orang sepuh) beradaptasi. digitalisasi yang digaungkan sejak jaman Merkel sampai beliau selesai jabatan juga masih lambat..

        dari sekian negara EU, Jerman paling kolot. mungkin karena yang paling “kaya”, dan paling “berhati-hati”.. πŸ˜…

  1. Nah, Mas Kamso kasih contoh skoy malah berbuah kecurigaan Jeng Kamsi yang dapat kompor dari Bude Ningnong Ning Gung. πŸ˜‚

    BTW saya agak biasa bayar nontunai, tapi tidak pede kalau dompet di kantong tanpa (cukup) banyak uang tunai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *