Kesehatan dan gangguan itu sama-sama kata benda, kan? Bahasa Indonesia memang bikin repot justru ketika dipersoalkan.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Bahasa Indonesia dalam pengumuman di ATM

Kalimat dalam judul posting ini akan dianggap aneh, tak enak dibaca maupun didengar. Padahal “kesehatan” dan “gangguan” sama-sama kata benda, tetapi “sedang gangguan” lebih ditenggang. Semua orang paham, maklumat yang menutupi layar ATM itu bermaksud meringkas “sedang mengalami gangguan”.

Padahal kalau mau ringkas, ada cara yang gampang: “ATM sedang terganggu”. Atau, supaya tak ditanya siapa yang mengganggu pakai saja “ATM sedang bermasalah”. Bisa juga lebih ringkas karena bahasa Indonesia, kata sebagian orang, tak mengenal tenses: “ATM bermasalah”. Bisa diartikan sepanjang masa bermasalah sih.

Halah, ginian aja dibahas dalam blog. Lha kan mumpung Oktober belum tamat?

4 thoughts on “Maaf, ATM sedang kesehatan

  1. indomaret ini gercep juga.. dulu kami sering ambil uang dari ATM yang berada di dalam Indomaret. tidak cuma kami, banyak orang juga. kasir kadang terlihat gimana gitu, sudah menyapa, selamat datang, eeh, si pengunjung ngeloyor ke mesin ATM, ngga berbelanja.. kalo pas gangguan, si kasir juga yang biasanya ditegur dan ditanya.. plus harus menempelkan pengumuman seperti ini.. tapi repotnya, tarik tunai dengan harus belanja ini juga gimana gitu. menurut saya mending pake ongkos lah, gapapa deh.. dulu saya pernah butuh uang cash di suatu tempat tapi ga ada ATM, adanya Indomaret (indomaret adalah pusat kebudyaaan!), dan pakai tarik tunai dengan belanja minimal Rp25.000. malah repot karena harus bawa belanjaan juga.. 😩

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *