Jika ada akta kelahiran, dan ikan paru terawat baik, tanpa predator, mungkin bisa hidup seabad lebih. Tetapi yang hidup hingga tua pun terpaksa dieutanasia.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Ikan paru (lungfish, dipnoi, Neoceratodus forsteri)

Ikan paru (lungfish, dipnoi, Neoceratodus forsteri) yang ini dinamai Metushelah. Nama ini, yang dalam bahasa Indonesia adalah Metusalah, mengingatkan kepada seorang nabi, kakek dari Nabi Nuh. Metusalah dipercaya berumur panjang, lebih dari seabad.

Lalu berapa batas usia umumnya ikan paru yang bernapas dengan paru dan insang ini? Granddad, nama ikan paru jantan milik Shedd Aquarium di Chicago, Illinois, Amerika, meninggal dalam usia 84 tahun dengan cara eutnasia pada 2017 (¬ siaran pers Shedd Aquarium, Juni 2022).

Ikan paru tertua yang diketahui masih hidup dalam rawatan manusia ada di Akarium Steinhart, San Francisco, California, AS. Dia betina. Usianya, jika dihitung dari saat dia tiba, adalah 85 tahun. Namun jika ditaksir dari tahun kelahiran, bisa jadi usianya 92 tahun (¬ siaran pers California Academy of Sciences, tanpa tanggal). Menurut IUCN, status spesies ini terancam puhah (¬ IUCN Red List).

Dari kasus ikan paru, saya melamun sebenarnya berapa persen sih spesies flora maupun fauna yang sudah diidentifikasi oleh ilmu pengetahuan? Jika sebidang hutan belantara rusak, misalnya terbakar hebat, seperti di Kalimantan pada 1980-an, para biolog mengkhawatirkan kepunahan sejumlah organisme. Bukan hanya hutan rusak karena terbakar tetapi juga karena perambahan. Terkabarkan, ada masyarakat yang hidup di hutan Kalimantan dan Papua mulai kesulitan memperoleh bahan makanan yang sebelumnya selalu tersedia dalam rimba.

Saya juga membayangkan, sejumlah vegetasi yang menipis bahkan lenyap belum semuanya diteliti secara ilmiah untuk pengobatan dan kesehatan.

Gandarusa, pil KB pria yang bikin sel mani letoy

Mereka yang berdiam dalam rimba

Dari daun mekai si umami alami, lalu melamunkan media hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *