Dalam transaksi nirtunai ada barang serupiah, termasuk untuk iPhone dan Samsung Galaxy S mutakhir gres.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

iPh 14 Pro dan Samsung S23 seharga satu rupiah, bukan bohong

Oh, satu rupiah! Sebagai duit berwujud fisik, koin Rp1 sudah tidak berlaku, dan tidak dapat ditukarkan. Lihat daftarnya di materi edukatif Bank Indonesia. Meskipun demikian koin Rp1 masih laku diijual. Lihat saja di lokapasar misalnya Shopee. Nilai harga jual tentu melebih nilai intrinsik.

Sudah lumrah uang tunai untuk emas kawin dalam nilai pecahan yang rumit. Biasanya nilai nominal melambangkan sesuatu, misalnya tanggal, bulan, dan tahun akad nikah. Lalu uang emas kawin — disebut juga mas kawin karena yang memberikan adalah mempelai pria — itu dibingkai.

Menyediakan koin Rp1 untuk mahar atau emas kawin karena si Mas kawin sama si Mbak

Kalau ada barang berharga satu rupiah, itu soal lain lagi. Dengan transaksi nirtunai, tetapi tergantung pada pelantar, harga minuman di Alfamart dan harga ponsel di Bukalapak bisa Rp1.

Di aplikasi Alfagift, milik Alfamart, status barang serupiah itu adalah tebus murah. Sebagai bonus pembelian barang lain. Sehingga konsumen tidak dapat membelinya secara terpisah.

Di Alfamart ada barang seharga satu rupiah

Sedangkan di aplikasi Bukalapak, iPhone 14 Pro seharga Rp17,5 juta dan Samsung Galaxy S23 senilai Rp13,7 juta menjadi Rp1 karena berupa undian. Uang yang dibayarkan konsumen akan dikembalikan. Dalam sekali beli bisa senilai Rp5.000, kadang Rp3.000. Namanya juga akal-akalan promosional untuk merawat perikatan sosial bisnis dengan konsumen sekalian meningkatkan trafik. Mungkin tak perlu ribet mengurus perizinan ke Kemensos.

Samsung Galaxy S22 seharga satu rupiah, bukan bohong

Tentang uang serupiah, Anda yang berusia 50 ke atas mungkin masih ingat pernah memanfaatkannya untuk membeli sesuatu. Nah sesuatu itu apa, boleh jadi Anda sudah lupa.

¬ Bukan posting berbayar maupun titipan

Kita masih butuh koin tapi sulit mendapatkannya

Koin dua ratusan rupiah sebagai ucapan terima kasih

Mengenang Koin Keadilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *