Kenapa anjing dianggap masalah tapi kucing nggak? Kan sama-sama binatang, makhluk Tuhan, bahkan umumnya anjing itu piaraan, bukan liar?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Kucing makan di rumah Anda, tapi mereka Anda biarkan pup di rumah orang lain

Akhirnya Kamso bergabung menemui tamu Kamsi, Dodi Dido dan istrinya, Anita Isak Tangis. Kamsi memanggilnya dan meminta pendapat.

Inti masalah, Dodi dan Anita tiap hari kerepotan membersihkan kotoran kucing, kadang muntahan, karena ART mual dan muntah lalu lemas setiap mengatasi. Itu kucing-kucing tetangga. Umumnya kucing liar, tetapi ada juga yang piaraan tetangga. Malah ada kucing yang masuk plafon dan beranak.

Kucing liar selalu diberi makan di balik dan luar pagar oleh beberapa tetangga yang tak memiara kucing. Tetapi kucing memilih buang kotoran di carport, teras, dan taman suami istri itu. Bahkan ada yang mengaduk kolam dan mencuri ikan.

“Tetangga bilang, namanya juga binatang, masa disuruh tanggung jawab. Tapi kalo tetangga yang kasih makan diminta tanggung jawab selalu ogah, misalnya bersihin kotoran, karena merasa bukan pemilik. Diminta melakukan sterilisasi kucing, panggil dokter hewan malah marah, bilang Anda saja yang panggil dan bayar dokter,” keluh Anita. Dia mulai mewek.

“Aku ngadu ke Pak RT malah diminta sabar, sekalian disaranin buat tinggiin pagar dan gerbang. Kucing kan lompat dari bak sampah rumah sebelah kanan kiri, Oom,” timpal Dodi.

“Malah ada yang bilang, supaya rumah nggak diberakin kucing kita harus kasih makan kucing liar. Ide waras nggak sih? Asosial kan?” kata Anita.

Kamso bingung. Dia juga menghadapi masalah serupa. Akhirnya dia usul untuk memiara anjing.

“Lalu anjingnya disuruh berak di depan gerbang tetangga, Mas?” tanya Kamsi.

“Hussss. Itu anjing piaraan, pemilik yang tanggung jawab. Lagian kesian anjingnya, nanti disiksa bahkan diracun,” sergah Kamso.

“Kenapa anjing dianggap masalah tapi kucing nggak? Kan sama-sama binatang, makhluk Tuhan, bahkan umumnya anjing itu piaraan, bukan liar?” tanya Anita.

Kamso menghela napas. Dia tahu jawabannya tetapi enggan mengatakan. Belakangan kucing menjadi masalah sensitif, tak seperti dahulu.

Sejauh ini bisa mengecoh kucing

Keluarga kucing dalam kardus di jalan

Jangan beli kucing di minimarket

2 thoughts on “Kucing berak di rumah tetangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *