↻ Lama baca < 1 menit ↬

Masalah stoples plastik astor dan merek wafer stik Astor

Ada dua hal. Pertama: stoples wadah wafer stik bisa kita apakan? Kedua: astor, dengan “a” kecil, ternyata nama camilan berupa wafer stik, apapun mereknya.

Untuk yang pertama, baru sekarang saya sadar, sebelum langsung jadi sampah apakah stoples miyar-miyur, artinya lemas sehingga kurang kokoh, bekas wadah wafer stik ini bisa saya manfaatkan?

Untuk wadah, dia hanya bisa menampung isi yang ringan. Kalau saya simpan dia akan bikin sesak rumah. Stoples plastik ini memang dirancang untuk sekali pakai.

Masalah stoples plastik astor dan merek wafer stik Astor

Maka stoples ini harus saya buang. Supaya tak langsung menjadi sampah plastik, barang ini saya taruh di atas tutup bak sampah, sekalian untuk wadah barang bekas lain yang akan saya buang. Hal itu kerap saya lakukan untuk mempermudah pemulung bekerja, agar mereka tak perlu membuka kantong sampah besar yang juga berisi sampah basah.

Lalu soal astor? Selama ini, sungguh naif, saya hanya tahu Astor, dengan A kapital, adalah jenama wafer stik bikinan PT Mayora Indah Tbk. Ketika tamu kecil menanya mana astornya, saya bilang itu bukan Astor, tapi mirip. Kakek dan nenek si anak juga menyebutnya astor.

Masalah stoples plastik astor dan merek wafer stik Astor

Karena penasaran, kemudian saya cari kata “astor” di Google pada opsi gambar. Langsung muncul banyak foto wafer stik pelbagai merek dengan judul dan deskripsi menyebut astor, namun dalam kemasan tiada kata astor karena produsennya tahu bahwa Astor adalah merek milik perusahaan lain.

Masalah stoples plastik astor dan merek wafer stik Astor

Ketika saya cari “stoples astor”, ada juga hasil berupa gambar stoples kosong, baru, sebagai jualan.

Masyarakat punya cara berbahasa sendiri, tinggal pintar-pintarnya produsen menancapkan jenama di benak khalayak sampai menjadi nama barang, nama generik.

Apakah bisa langgeng? Mulanya semua mi instan disebut “supermi”, dari pelopor bermerek Supermi, apalagi sebelum diakuisisi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk., pemilik Indomie. Kini semuanya disebut “indomi”.

Memudahkan pekerjaan pemulung

Kardus bagus biasanya pemulung mau

Terbukti kardus itu berguna bagi orang lain