April masih hujan. Bagaimana Juni nanti? Kalau November itu pasti. Dan orang pun teringat lagu-lagu itu.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Jejak hujan malam di bulan April 2022

Malam ini sejuk, tidak gerah, karena tadi sore sampai awal malam hujan. Tidak deras tetapi lumayan, bisa mengurangi sumuk karena setelah hujan maka tinggal awan tipis.

Ramalan cuaca Jatirahayu, Pondokmelati, Bekasi, Jabar

Cuaca semakin meninggalkan pemahaman terhadap pelajaran SD, bahwa April hingga Oktober adalah musim kemarau, lalu Oktober sampai April adalah musim hujan.

Jika Juni nanti hujan, semua orang akan teringat Sapardi. Lalu lima bulan setelahnya saat hujan mengguyur November, orang akan teringat Guns n’ Roses. Setidaknya ingat dua judul itu, bukan liriknya.

6 thoughts on “April hampir habis tapi masih hujan

  1. kayanya cuaca ini makin lama seperti makin bergeser.. di beberapa tempat, yang harusnya sudah musim semi, di Jerman sempat hujan salju.. sementara pas kemarin musim dingin, salju ngga turun banyak..

  2. Kapan itu istri saya juga bilang, “Iki wis akhir April, meh Mei, kok isih udan terus to, yah?”

    Saya jawab sekenanya : itu gara2 polusi udara dan semacamnya, sehingga terjadi perubahan macem2 termasuk perubahan cuaca sehingga singkatan2 lawas pun tidak berlaku lagi seperti Januari = hujan sehari2 dan Desember = gede2ne sumber.

    Kalau jawaban ilmiah mungkin ada di sini https://www.kompas.com/sains/read/2022/03/12/184000023/kapan-musim-hujan-berakhir-bmkg–maret-dan-april-masih-tinggi-hujan

    1. Iya, cuaca global sedang berubah karena sejumlah faktor.
      Paling mencemaskan kita semua tentu kemarau berkepanjangan sehingga kita semua kesulitan air bersih.

      Sudah biasa jika saat kemarau, banyak kantor beli air satu truk tangki bahkan lebih.

      Dulu waktu kemarau panjang saya melihat truk tangki malam hari masuk ke halaman rumah besar di Pondok Indah. Buat ngisi kolam renang.

      Saya sempat membatin buruk, tapi akhirnya sadar itu cara yang lauaj, daripada menyedot air tanah sementara kampung sekitar kesulitan air. Lagi pula kolam renang privat yang bagus air gak sering ganti karena filtrasi oke. Kayak kolam ikan.

      1. Semoga setelah musim penghujan nanti benar-benar berhenti, lalu masuk kemarau, kita tidak menghadapi kemarau panjang nan kerontang.

        Daerah saya tidak pernah kesulitan air bersih saat kemarau, tapi akan ikut sedih membaca/melihat/mendengar dampak buruk kemarau panjang bagi saudara-saudara kita di berbagai tempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *