Minyak gosok nan klasik ini semoga dapat mengatas racun serangga Paederus littoralis.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Minyak gosok cap Tawon apakah bisa mengatasi sengatan tawon?

Tadi sebelum saya makan siang datanglah kurir membawa bingkisan kecil. Isinya Minyak Gosok cap Tawon, dikirim oleh seseorang yang baik sekali. Kalau saya cocok, kata dia via WhatsApp kemarin, akan dia kirimkan kemasan lebih besar. Buat apa sih?

Dia kasihan kepada saya yang acap diserang serangga tomcat atau semut semai (Paederus littoralis — menurut Wikipedia). Dalam seminggu ini saya sudah dua kali diserang — ternyata serangga ini tak menyengat, hanya menempelkan cairan racun. Gatal dan panas di kulit, seperti tersundut rokok.

Kalau racunnya kuat, dia meninggalkan jejak berupa jeglongan yang mbenyènyèk, lalu setelah kering mengelupas. Selama itu, luka di tengkuk akan sakit jika tersiram shower.

Luka mbenyènyèk lain bisa berupa garis, bisa lebih dari satu, sejajar. Kena air sakit. Dulu, belasan tahun silam, leher saya pernah diingkari luka seperti bekas cemeti saat bersepeda menerobos perdu. Urusan sampai ke dermatolog.

Di kantor dulu maupun di rumah saya sering diserang tomcat. Kadang melepuh. Mungkin badan saya memancarkan gelombang pengundang serangga. Pekan lalu saat berjalan kaki dari minimarket, tomcat masuk ke slip on. Lukanya jika tergesek bagian dalam sepatu seperti kemasukan bara. Sekarang lukanya sudah kering, menghitam, saya olesi salep Purol lalu saya tutupi plester lebar sebangsa Tensoplast.

Hari ini saya banyak rezeki. Misalnya tempe dan bakwan. Terima kasih.

Minyak gosok cap Tawon apakah bisa mengatasi sengatan tawon?

6 thoughts on “Bingkisan Minyak Tawon

      1. Iya, Paman. Setahu saya banyak keluarga di Solo menyimpan di rmh mrk.

        BTW saya ada Minyak Sanhong (Minyak Pida) bikin Surabaya. Barusan sy cek, masa ekspired sampai 2024, tapi isinya tinhgal separuh (ada empat botol) mungkin karena naruhnya nggak bener.

        Andai isi masih utuh, saya akan kirim ke Paman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *