↻ Lama baca < 1 menit ↬

Handuk putih awet utuh sampai 14 tahun

Handuk gratis, hadiah dari mesin cuci, ini kuat. Sudah 14 tahun. Saya suka. Padahal kami sudah tiga kali memakai mesin cuci berbeda.

Bahan handuk ini bagus seperti handuk standar hotel. Saya sebagai (kadang) juru cuci, tak memakai pemutih untuk barang macam ini. Kenapa? Karena bordir dan kain tempelan pada kaus dan pakaian putih tak kuat bleaching. Bukan hanya warna bukan putih akan pudar tetapi warna yang luntur itu akan mengotori bidang putih.

Kalau kaus putih dengan sablon, bukan bordir, aman dikenai pemutih. Demikian pula handuk kecil putih polos harian untuk menyeka keringat. Kekurangan pemutih yang korosif: kain cepat rusak, dimulai dari label tipis yang pudar lalu hancur. Untuk pakaian halus sebaliknya tanpa pemutih.

Lalu supaya handuk putih dengan bordir mudah dicuci? Ya jangan dipakai sampai kotor. Atau bisa pakailah handuk hitam — eh kalau kotor juga berbau kan? Tentang cara hotel, yang antara lain karena alasan lingkungan sebisanya menghindari Bayclean dan sebangsanya yang galak, lihat ini.

¬ Bukan posting berbayar maupun titipan