• Lama baca: 2 menit →

Apakah Anda paham arti alamat kawat? Jika tidak, bukan soal

Berapa pun usia Anda, kalau tak ingat alamat kawat itu wajar. Zaman kejayaan kabel tembaga sehingga kuda ogah menggigitnya pun tak semua orang hirau karena tak berkepentingan. Saya teringat nama itu lagi setelah membaca surat bantahan PGI.

Soal isi tak saya bahas karena sudah jelas dan banyak orang tahu, di antaranya mungkin termasuk orang yang sempat percaya isu itu. Yang menarik adalah kop surat PGI: masih mencantumkan alamat kawat atau cable address.

Mesin teleks dan alamat kawat Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia

Surat bantahan PGI mendukung usul pembubaran MUI

Saya tak mengalami langsung penggunaan alat itu, tapi waktu kecil hingga dewasa saya terkesan setiap kali membaca alamat redaksi Kompas. Ada alamat pos, P.O. Box 615, dan alamat kawat, kalau tak salah KOMPAS DAK. Maklumlah saya dulu kurang bacaan sehingga tulisan tak penting pun saya baca.

Arti alamat kawat adalah...

Dulu memang banyak kantor memiliki teleks sebelum ada faksimile. Dalam melangani berita pun mereka memakai teleks sehingga ada istilah wire service dan Kompas punya rubrik berita ringan Kilasan Kawat Sedunia.

Sampai kini yang pasti punya alamat kawat adalah bank. Dulu antara lain untuk telegraphic transfer. Kalau sekarang entah apa namanya.

¬ Gambar: mesin teleks Sagem: Frédéric BISSON / Flickr ; kabel pipa tembaga: Indiamart

Pemilik BlogMemoalamat kawat,cable address,kantor berita,kompas,nostalgia,Sagem,teleks,telex,tembaga,wire serviceBerapa pun usia Anda, kalau tak ingat alamat kawat itu wajar. Zaman kejayaan kabel tembaga sehingga kuda ogah menggigitnya pun tak semua orang hirau karena tak berkepentingan. Saya teringat nama itu lagi setelah membaca surat bantahan PGI. Soal isi tak saya bahas karena sudah jelas dan banyak orang tahu, di...Suatu atau sebuah blog?