• Lama baca: < 1 menit →

Kopi sasetan cap Barista di Alfamidi Jalan Kodau

Kata barista sudah lekat dalam benak kita sebagai salah satu profesi. Tapi sejak kapan istilah itu kita akrabi? Saya tak mengingatnya tapi saya malas untuk mencari arsip berita apakah pada tahun 2000, awal milenium, istilah itu sudah jamak di media. Saya melamunkan hal ini saat melihat kopi cap Barista di Alfamidi.

Sebagai kata, barista dalam arti peracik kopi sudah lama hadir namun tidak kuno amat. Sejumlah sumber, termasuk Merriam Webster, menyebutkan kata serapan dari bahasa Italia untuk bartender itu baru muncul tahun 1980-an.

Untuk Indonesia saya menduga kata barista mulai dikenal luas setelah banyak kedai kopi modern — bukan warung kopi yang menyediakan mi instan rebus.

Mungkin serupa kata kuliner. Saya menduga yang memopulerkan adalah Bondan Winarno terutama melalui TV. Serupa kata chef, belum 20 tahun kita akrabi.

Mulai kapan orang Indonesia akrab dengan istilah kuliner?

¬ Bukan posting berbayar maupun titipan

Pemilik BlogMemobahasa,barista,chef,gaya hidup,kopi,kopi sasetanKata barista sudah lekat dalam benak kita sebagai salah satu profesi. Tapi sejak kapan istilah itu kita akrabi? Saya tak mengingatnya tapi saya malas untuk mencari arsip berita apakah pada tahun 2000, awal milenium, istilah itu sudah jamak di media. Saya melamunkan hal ini saat melihat kopi cap Barista...Suatu atau sebuah blog?