• Lama baca: < 1 menit →

Bung Karno berpakaian piyama menerima Mendur bersaudara di rumahnya

Supaya kita tak melulu bicara pandemi, saya berkisah hal lain. Tadi tiba-tiba saya teringat foto Presiden Soekarno berpiyama sedang menerima Mendur bersaudara, Frans dan Alex. Foto Ipphos 1946 di Pegangsaan Timur, Jakarta, ini mudah kita temukan di internet.

Dari sekian foto Bung Karno, foto ini paling mengesankan saya. Si Bung tampak sebagai orang rumahan, sedang menerima kawan bertandang dalam suasana santai — tapi teh atau kopi belum terhidang.

Bung Karno dalam usia 45 terlihat tampan dan matang. Percaya diri itu pasti.

Alasan lain kenapa saya menyukai foto ini malah tidak bisa saya pastikan. Mungkin soal piyama? Bapak saya, dan juga Mbah Kakung, sering berpiyama di rumah selain bersarung. Suatu kelaziman para bapak zaman dulu.

Ketika bekerja di rumah, yaitu membaca dan menulis, pun ketika main organ, busana Bapak ya dua macam itu. Seingat saya Bapak tidak pernah memakai celana pendek, kecuali dalam foto-foto saat masih bujang.

Piyama dan sarung adalah pakaian rumah. Jenis kedua itu masih saya kenakan hingga kini.

¬ Foto: Ipphos

https://blogombal.com/wp-content/uploads/2021/07/20210715_000631-700x470.jpghttps://blogombal.com/wp-content/uploads/2021/07/20210715_000631-150x150.jpgPemilik BlogMemoAlex Mendur,bung karno,busana,fashion,fesyen,fotografi,Frans Mendur,gaya hidup,Ipphos,mode,nostalgia,piyama,sejarah,Soekarno,SukarnoSupaya kita tak melulu bicara pandemi, saya berkisah hal lain. Tadi tiba-tiba saya teringat foto Presiden Soekarno berpiyama sedang menerima Mendur bersaudara, Frans dan Alex. Foto Ipphos 1946 di Pegangsaan Timur, Jakarta, ini mudah kita temukan di internet. Dari sekian foto Bung Karno, foto ini paling mengesankan saya. Si Bung...Suatu atau sebuah blog?