• Lama baca: < 1 menit →

Buah naga bikin pipis merah karena ada pigmen kuat terbawa urine

Saya termasuk orang yang telat mengenal buah naga, sama seperti banyak teman sebaya. Pada masa remaja apalagi kanak-kanak, buah itu belum hadir di pasar.

Setiap kali akan mengonsumsi buah naga saya teringat pengalaman awal: setelah mengonsumsi maka warna urine jadi kemerahan. Waktu itu saya sempat agak panik. Lalu saya mencari tahu. Ternyata wajar. Buah naga merah mengandung pigmen betahiasin yang mengakibatkan pseudohematuria (urine merah tapi aman).

Dua hari lalu di grup WA teman SMP seorang teman perempuan berbagi menu sehat dia, buah naga potong, bukan buah dibagi dua lalu disendoki. Saya berkomentar, “Huh, buah pipis merah.”

Dia bilang warna pipis selalu biasa saja, dia suka buah naga karena kentut jadi lancar. Tapi saya berpikir lain. Mungkin dia tak melihat warna pipis karena sembari duduk di atas kloset, setelah pipis selesai, dia langsung memencet tombol guyur.

Pemilik BlogMemobuah naga,buah tropis,kesehatan,nostalgia,urineSaya termasuk orang yang telat mengenal buah naga, sama seperti banyak teman sebaya. Pada masa remaja apalagi kanak-kanak, buah itu belum hadir di pasar. Setiap kali akan mengonsumsi buah naga saya teringat pengalaman awal: setelah mengonsumsi maka warna urine jadi kemerahan. Waktu itu saya sempat agak panik. Lalu saya mencari...Suatu atau sebuah blog?