• Lama baca: < 1 menit →

Cara menghias tutup sampah dengan cutting sticker bikinan sendiri

Seorang bekas pekerja media memasang stiker baru untuk tutup bak sampahnya. Stiker yang lama, dari bahan 3M Scotchlite, sudah tertimpa cat baru.

Apa perbedaan teks lama dan baru?

Cara menghias tutup sampah dengan cutting sticker bikinan sendiri

Teks lama mengikuti kelaziman sosial: menerapkan kalimat pasif. Tolong ditutup lagi ya. Terima kasih.

Teks baru berkalimat aktif. Tolong Anda tutup lagi ya. Lebih ringkas. Tanpa berterima kasih. Pakai Anda pula, berkesan formal.

Saya teringat seorang pemimpin redaksi yang selalu menegur editor yang menjuduli artikel, lalu mengisi paragraf pertama, dengan kalimat pasif.

Kata Pak Pemred, kalimat pasif mengaburkan subjek, bahkan jika ada dalam judul cenderung menyamarkan siapa yang bertanggung jawab. Tapi dalam kasus bak sampah ini bagaimana, Pak?

Cara menghias tutup sampah dengan cutting sticker bikinan sendiri

https://blogombal.com/wp-content/uploads/2020/11/wp-1604639163346-700x700.jpghttps://blogombal.com/wp-content/uploads/2020/11/wp-1604639163346-150x150.jpgPemilik BlogGambarMemo3M,bahasa indonesia,bahasa jurnalistik,cutting sticker,dekorasi,desain grafis,sampah,scotchlite,tata bahasa,tata kalimatSeorang bekas pekerja media memasang stiker baru untuk tutup bak sampahnya. Stiker yang lama, dari bahan 3M Scotchlite, sudah tertimpa cat baru. Apa perbedaan teks lama dan baru? Teks lama mengikuti kelaziman sosial: menerapkan kalimat pasif. Tolong ditutup lagi ya. Terima kasih. Teks baru berkalimat aktif. Tolong Anda tutup lagi ya. Lebih...Suatu atau sebuah blog?