↻ Lama baca 2 menit ↬

BENARKAH TAK SEMUA BANGSA MENGENAL JONGKOK?

Saya mengartikannya sebagai ganjal pantat. Itulah dingklik (Jawa: dhingklik), yang menurut KBBI berarti “bangku pendek untuk duduk atau untuk meletakkan kaki”. Si ganjal pantat itu masih “ada sedia” di pasar swalayan. Yang berbahan kayu lebih murah daripada yang plastik. Dingklik kayu Rp 22.000. Dinglik plastik Rp 24.000.

Saya tahu perbedaan harga itu dari seorang blogger, keponakan Kolonel Sanders, yang sedang memulai jualan sega kucing di Kramat Pela, Jakarta Selatan. “Yang plastik itu,” katanya, “lebih mahal tapi kalo diduduki bisa mleyot.”

Tapi tenanglah, dingklik itu bukan untuk diduduki pengunjung. Hanya untuk pengganjal pantat orang warung saat membakar tahu dan tempe bacem.

Duduk di atas dingklik adalah jongkok yang terganjal sehingga kaki dan pinggul tak capai, lagi pula keseimbangan tubuh lebih terjaga.

Apa sih istimewanya jongkok? Ini lebih ringan daripada lesehan. Mereka yang berbobot lebih dengan kesentosaan yang payah akan sulit berlama-lama lesehan, sejak memulai sampai mengurai sila lalu berdiri. Dalam bberapa kasus, mereka juga kesulitan untuk jongkok.

Tak ada yang istimewa dengan jongkok. Teman saya bercerita, ketika dia belajar antropologi di Leiden, Negeri Belanda, ada mata kuliah bikin film. Mahasiswa dari Asia tak bermasalah dengan posisi badan memegang kamera yang dimulai dari berdiri tegak menuju jongkok. Sebagian bule, katanya, hampir terjengkang.

“Mungkin karena kita terbiasa pakai kloset jongkok,” katanya. Saya bilang, orang Indonesia modern yang memakai kloset duduk sejak kecil pun tak bermasalah dengan jongkok.

Saya mencoba memutar ingatan tentang apa yang saya lihat di negeri lain, juga dari ingatan menonton film, tentang orang-orang kurang kerjaan di trotoar. Mereka berdiri atau duduk selonjor di atas semen. Jarang yang jongkok. Tentu, jongkok yang saya maksudkan adalah pantat tetap mengambang, tak bertumpu pada tanah, dan punggung tak menyandar ke tembok atau pun pintu gulung.

Boleh jadi ingatan saya terbatas tapi dari contoh yang tidak muwakil (representatif) saya melakukan generalisasi. Anda yang berada di negeri lain mungkin bisa mengoreksi ingatan saya.

Saya tak tahu apakah orang kulit putih mengenal dingklik. Dalam sebuah buku kamus visual, sejauh saya ingat, ragam tempat duduk mereka tak mengenal dingklik. Padahal dingklik dekat dengan jongkok. Oh ya, saya belum ke Ace Hardware untuk mengecek  dingklik (kayu) gaya Amrik.

Sebagai aktivitas tubuh yang naluriah, jongkok saya andaikan bisa dilakukan oleh sebagian besar primata – termasuk manusia. Namun pendapat ini pun mungkin ngawur karena saya tak paham primatologi.

Yang saya ingat sampai hari ini hanyalah petikan parikan Jawa, “dhingklik oglak-aglik“. Artinya dingklik yang sambungan sikunya tak lagi kokoh sehingga bergoyang ketika diduduki.

Adapun soal jongkok, KBBI sudah memodernkan diri. Jongkok juga diartikan sebagai kiasan untuk, misalnya, inteligensi yang rendah. Mungkin anggota tim kamus, kalau dia/mereka bukan orang Jakarta, teringat salah satu film Warkop: IQ Jongkok.

Barangkali Anda punya catatan soal jongkok ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *