↻ Lama baca 2 menit ↬

BAHASA YANG SEKSIS ITU… :D

polwan polisi wanita, wanita polisiSobat saya, jurnalis sibuk dan blogger berbanyak blog, mengeluh, “Nasib pria karier…” Bukan keluhannya yang bernilai bagi saya, karena itu adalah risikonya menjadi pria memesona penyihir hawa melalui kata-kata, melainkan istilah “pria karier” itu. Rasanya baru dan sekaligus aneh bagi saya.

Pria? Kata itu terus mendekam dalam bank kata saya. Karier? Kata masih melekat dalam dinding kantong istilah saya. Tapi “pria karier”, sejauh saya ingat, belum pernah saya dengar.

Saya cari di Google. Lema “wanita karier” dan “wanita karir” berjibun, ratusan ribu. Adapun “pria karier” dan “pria karir”, jumlahnya tak sebanyak pencarian sebelumnya. Salah satu yang mempersoalkan adalah My Sarimatondang.

Berapa pun dan apapun jua hasil pencarian, semuanya menyadarkan saya. Sekian lama otak saya sama dengan diri saya: lelaki, dominasi lelaki, hegomoni lelaki. Tak adil tapi kadang saya syukuri, dan saya kayaknya menolak mitos superioritas lelaki jika itu membebani. Yah, impas dengan wanita yang menolak kesetaraan di segala bidang dan urusan kalau akhirnya hanya bikin repot.

Kelelakian saya itu tecermin dari keasingan saya terhadap istilah “pria karier”. Saya belum pernah mendengarnya. Sekian lama dunia karier adalah dunia pria. Jika wanita masuk di dalamnya maka perlu tambahan atribut.

Penambahan kata wanita untuk sejumlah profesi memang bisa lucu. Misalnya “polisi wanita”. Apakah ini sebarisan dengan polsus kehutanan, polsus kereta api, dan bahkan polisi bahasa? Polisi wanita, kalau kita berpikir lempang sekaligus naif, adalah polisi yang khusus mengurusi wanita. Polisinya sih boleh pria bisa wanita. Tapi kalau “wanita polisi” bisa juga berarti “wanitanya polisi”. Polisiwati, sebagai mitra polisiwan? Bukankah “polisi” (dan kepolisian) itu korps, bukan orang?

Untunglah “pelukis (tubuh) wanita” dan “wanita pelukis” sudah dibedakan. Tapi bukankah pelukis tetap pelukis apapun jenis kelamin dan orientasi seksualnya?

Hal sama berlaku untuk “pengusaha wanita” dan “wanita pengusaha”. Sebagian “pengusaha wanita” memang perempuan. Mereka berjuluk mami — kadang usianya sebaya dengan komoditas, terutama yang bekas pemain tapi punya jiwa kewirausahaan.

James Brown punya lagu It’s a Man’s World. Penampil yang bagus membawakan itu adalah Gito Rollies semasa muda (rekaman live TIM, Jakarta, 1976) dan Mark Farner-nya Grand Funk Railroad (lagu hitam dalam sajian putih, What’s Funk, 1983).

Ah, kulit hitam dan kulit putih, masihkah layak dipersoalkan? Pria blogger dan wanita blogger? Kalau prianya blog dan prianya bloggers, itu lain lagi. Tanyakan ke ahlinya yang merangkap pelaku.

© Ilustrasi: unknown

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *