Jumbo itu nama gajah sirkus. Begitulah nama diri bisa menjadi istilah. Termasuk hooker yang dalam bahasa Inggris bisa berarti PSK.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Asal mula kata jumbo

Uh, apa-apa disebut jumbo. Isi ditambah lima lembar disebut jumbo. Misalnya roti — tetapi roti tawar berisi 23 lembar tak menyebut diri jumbo. Koalisi politik banyak partai disebut koalisi jumbo. Lalu saya pun teringat ketika masih SD, saat pertama kali tahu istilah jumbo jet dari berita.

Waktu itu saya menanyakan arti jumbo kepada ibu saya. Ibu mengoreksi, “Itu dibaca jam-bo. Artinya besar, gemuk, seperti si Jumbo, gajah besar terkenal itu.”

Kisah lengkap si gajah Jumbo sila baca aneka sumber, atau simak ringkasannya berikut rujukan di Wikipedia. Kalau menanya ChatGPT sangat mini jawabannya, sonder rujukan.

Asal mula kata jumbo

Itulah perjalanan kata. Nama orang, nama satwa, jenama dagang, bisa menjadi istilah. Dalam hal nama orang, ada yang menjadi istilah buruk. Misalnya slang dalam bahasa Inggris, hooker. Artinya pelacur.

Istilah hooker sebagai pekerja seks komersial dalam pelbagai kamus kerap dihubungkan dengan nama seorang perwira dalam Perang Saudara Amerika Serikat: Mayjen Joseph Hooker. Konon anak buah Hooker saat cuti kerap ke rumah bordil. Benar tidaknya sila baca The American Heritage Dictionary.

Asal mula kata jumbo

¬ Gambar poster gajah Jumbo: Wikimedia Commons

5 thoughts on “Roti jumbo pakan gajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *