Ada penjual tutup saluran air antikus yang menyebutnya mainan. Tikus harus selalu mengerat agar giginya tak memanjang.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Tutup saluran air dengan bola antitikus

Salah jika Anda menduga saya iseng berlebihan karena sungkan nganggur, sampai bermain-main dengan tikus. Memang sih, kadang saya menikmati suara tikus berupaya membobol saringan air buangan dan gagal terus. Bahkan pelapak menyebutnya “mainan floor drain“.

Sengaja saya hanya memasang foto kardus wadah saringan air, karena lebih nyaman di mata jika dibandingkan saringan yang terpasang di sudut teras dapur.

Inti cerita: saya memasang saringan untuk saluran air dengan bola di dalamnya. Delapan belas tahun lalu saya sudah memasang versi logam antikarat di kamar mandi. Lantas bulan lalu saya memasang versi plastik yang lebih murah untuk teras belakang.

Tutup saluran air dengan bola antitikus

Kenapa baru saya pasang sekarang? Hal itu tersebab untuk mengganti saringan plastik yang lama, tanpa bola, lalu bolong digigiti tikus, sehingga satu geng bisa menyusup ke teras, saya harus memperlebar ukuran lubang pada ubin keramik dan beton.

Singkat cerita: saringan berbola itu akhirnya terpasang. Seperti pada kamar mandi, saat sepi terdengar suara bola disodok dari bawah saringan, sampai berputar, berbunyi werrr… werrr… berkelotakan, karena tikus berusaha masuk dan mengerat dinding tabung saluran buang. Si tikus hanya bisa menyundul bola terus.

Tutup saluran air dengan bola antitikus

Penemu saringan berbola apung ini cerdas. Jika air masuk ke saringan, bola pada mulut bawah tabung akan naik terapung sehingga air lolos. Jika tak ada air, bola akan menutupi mulut tabung yang menyempit pada bagian bawah. Ketika moncong tikus masuk ke tabung, dia hanya bisa menyundul bola.

Apakah saringan plastik keras ini akan awet seperti versi stainless? Saya tidak tahu. Menghadapi tikus memang merepotkan. Mereka gigih, banyak akal. Mereka memang harus menggigiti apa saja karena jika tidak, maka gigi atas dan bawahnya akan memanjang. Sasaran gigit tikus belum tentu jadi makanan mereka.

5 thoughts on “Memberikan mainan untuk tikus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *