Adegan dalam sampul sangat mengindonesia. Dalam promosi dibikin animasi, diiringi lagu Naif.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Keluarga Jokowi naik motor

Setidaknya ada dua kejenakaan sampul majalah Tempo terbaru tentang keluarga Jokowi, khususnya yang menyangkut peran Iriana dalam rute politik Gibran Rakabuming.

Pertama: ilustrasi ini mengundang senyum karena Gibran membonceng ibunya, sementara Jokowi dari belakang mendorong dengan kaki, suatu adegan yang sangat mengindonesia, lalu tajuknya merupakan parodi terhadap ucapan si anak di depan Prabowo.

Kedua: dalam promosi majalah di X, gambar diam itu dianimasikan secara secara sederhana dengan iringan lagu “Piknik ’72” (band Naif, album Naif, 1998) yang menyebut Vespa.

Entahlah dengan urusan hak atas kekayaan intelektual karena memutar lagu untuk kepentingan komersial sampai 59 detik. Tetapi itu soal lain.

Maneuver Iriana demi Gibran

Tentang Gibran dibocengkan ibunya, saya teringat kisah Jokowi saat kelas satu SMA di Solo, Jateng, yang diantar dan dijemput ibunya dengan sepeda motor. Pangkal soal: si anak baru sembuh dari tifus.

“Teman-temannya suka mengolok-olok setiap kali saya menjemputnya. Mereka bilang, ‘Kae kowe dipethuk mbakyumu‘ (Itu kau dijemput kakak perempuanmu),” ucap Sujiatmi menirukan olokan teman-teman. Jokowi. Olokan ini bikin merah wajah Jokowi, namun ia tak bisa berkutik.¹

Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa. Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah.

Sujiatmi ibunda Jokowi

Tentang ilustrasi sampul, majalah Tempo sejak 1980-an,sebelum era olah imaji digital, sudah menampilkan lukisan (misalnya karya Dede Eri Supria), termasuk yang karya air brush maupun dry brush (misalnya karya Oentarto), yang dibuat sesuai tema laporan utama.

¹) Kristin Samah dan Fransisca Ria Susanti, Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama: 2014), hal. 61

Pasal ibu suri

1 thought on “Sampul nakal Tempo tentang keluarga Jokowi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *