Meskipun telat, selalu ada pengetahuan baru bagi saya. Rasa ingin tahu itu perlu, masalahnya untuk urusan apa saja?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Poned Jatimelati, Puri Gading, Kobek (Kota Bekasi)

Dari tempat saya duduk di warung soto itu, tulisan pada bangunan baru kurang terbaca. Saya menanya penjual soto itu gedung apa. Mbak Soto bilang, “Itu puskesmas, Pak.”

Maka saya pun keluar supaya dapat membaca tulisan pada tembok gedung. Tak ada tulisan “puskesmas”. Yang ada tulisan “poned”.

Urusan selanjutnya adalah menanya Google apa itu poned. Saya segera beroleh jawaban, poned adalah singkatan untuk “pelayanan obstetri neonatal emergensi dasar”. Berarti harus ditulis kapital: PONED, kecuali nanti menjadi kata seperti laser dan radar. Apa bedanya PONED dan PONEK (huruf K = komprehensif), sila baca laman Kanal Pengetahuan FK UGM.

Hikmah dari rasa ingin tahu adalah pengetahuan. Mungkin Anda sudah tahu PONED tetapi nyatanya saya belum. Di usia sekarang saya beruntung masih dilekati curiosity. Terhadap semua hal? Tentu tidak. Kalau di X ada topik yang sedang populer, tetapi tak saya pahami, biasanya saya abaikan. Artinya itu bukan untuk saya melainkan kalangan lain, mungkin untuk “genset” dan ranah lain yang bagi saya adalah dunia entah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *