Ban angin, bukan ban mati, itu merepotkan kecuali kita bisa menambal sendiri. Sayang harga ban mati masih mahal.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Ban angin bukan ban mati itu merepotkan

Bas nggembon. Itu pelesetan dalam bahasa Jawa untuk ban nggembos atau ban kempis. Bas nggembon itu semacam pecas ndhahé. Mengalami ban kempis, karena bocor maupun katup pentil kendor, jelas mengganggu perjalanan maupun rencana perjalanan.

Ban angin bukan ban mati itu merepotkan

Selain ban nggembos, orang Jawa juga mengenal istilah kebanan, dari kata dasar ban. Saya tak tahu apakah generasi Z yang berbahasa Jawa masih mengenal kebanan. Apapun istilahnya, kalau memakai ban mati takkan mengalami ban kempis. Waktu kecil saya pernah melihat sepeda tua bersahaja menggunakan ban mati. Ya hanya sekali itu.

Ban mati untuk kursi roda

Ban mati itu pejal, tanpa tabung berisi angin. Kursi roda juga menggunakan ban mati. Saya membayangkan spesifikasi alat bantu atlet paralimpik pasti di atas kebutuhan umum orang yang bukan olahragawan khusus.

Ban mati airless Tannus untuk sepeda hybrid

Kini ban mati untuk sepeda ditingkatkan. Namun sayang harganya mahal. Jika untuk sepasang ban Tannus yang termurah hampir Rp2 juta, berarti cuma berselisih sedikit dengan sepeda hibrida biasa seperti United Slick dengan ban 700 — apalagi harga bekas.

Sepeda hybrid 700 dengan ban mati

Sepeda baru yang berbekal ban mati dari pabrik juga ada. Misalnya Genio Hybrid Gravel Sweep R. Harga satu unit sepeda lengkap Rp2,8 juta. Sepeda listrik Selis IOI Pro (Rp7,5 juta) juga menggunakan ban mati. Saya membayangkan jika dulu teman-teman SMP saya dari luar kota sudah menggunakan ban mati mungkin tak perlu terlambat tiba di sekolah. Tentu dengan catatan harga ban matinya terjangkau.

Sepeda listrik Selis dengan ban mati

Tetapi penggemar touring sepeda, pun touring sepeda motor, biasanya dapat menambal ban maupun mengganti ban. Saya bukan penggemar, juga tidak bisa menambal sendiri, padahal di YouTube ada panduannya. Swatambal di sana dilakukan oleh pemilik sepeda yang orang biasa. Di Indonesia, biaya bengkel sepeda lebih murah.

¬ Bukan pos berbayar maupun titipan

2 thoughts on “Bas nggembon alias kebanan atawa flat tire

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *