Apakah di negeri lain identitas fisik juga menjadi merek dagang, misalnya Pak Gendut dan Bu Gendut?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Kerupuk Anta Kuncir dari Jatiasih, Kobek

Kuncir berarti kucir atau rambut yang diikat. Namun di Tangerang, Banten, ada kampung Kunciran, dan di Demak, Jateng, serta Nganjuk, Jatim, ada Desa Kuncir. Mungkin itu kuncir dalam arti lain, misalnya tumbuhan, karena toponimi di Pulau Jawa kadang berasal dari nama vegetasi.

Nah, kerupuk ini berjenama Anta Kuncir, dari Jatiasih, Kobek, Jabar. Saya menduga juragannya bernama Anta, rambutnya dikucir, dengan nama perusahaan Anta Prima. Jika benar berarti ini varian dalam identitas fisik sebagai jenama. Serupa bakso Mas Kribo, warung Mas Gondrong, dan Pak Gondrong.

Di Kemanggisan, Jakbar, pernah ada gudeg Pak Gendut, mepet di tembok pagar Setiawan Djody. Sop kambing Pak Kumis ada banyak sehinga kita tak tahu mana yang asli, maksud saya yang pertama. Sedangkan di Blok M, Jaksel, ada warung lesehan Bu Gendut — mungkin ini penanaman oleh pelanggan.

Kalau bengkel power steering Botak Seng yang terkenal itu saya tak tahu apakah ada hubungannya dengan identitas sang pendiri. Dua kata dalam nama tersebut tak mewakili dunia otomotif.

Di kota Anda ada tempat usaha apa saja yang menerakan identitas fisik ke dalam jenama?

Kerupuk Anta Kuncir dari Jatiasih, Kobek

9 thoughts on “Kerupuk kuncir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *