Lintingers menolak lem upa dari butir nasi, lebih memilih lem kanji. Apakah non-toxic berarti food-safe atau food-grade?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Glue stick segitiga mempermudah manuver pengeleman

Dulu banget ketika UHU memasarkan glue stick, atau lem batang kering, ingatan saya langsung ke deodorant stick. Tetapi ketika mendapati lem roll-on, ingatan tak ke deodoran. Begitu pula kini, setelah melihat lem stik segitiga yang mempermudah manuver perekatan.

Sebelum mengenal glue stick, persepsi saya tentang lem kertas selalu tentang pasta putih berbau menyengat. Waktu kecil saya hanya mengenal lem pabrik dari Tackol Jawa Kimia yang hingga kini masih dijual.

Lem klasik Jawa Kimia cap Tackol

Untunglah kemudian saya mengenal lem basah pencet karena ATK bapak saya lengkap. Bapak senang melakukan kliping koran, termasuk artikelnya sendiri di koran karena dia adalah seorang dosen dan kolumnis.

Lem upa daring butir nasi untuk darurat bagi boomers

Tentang lem kertas, saat kecil saya pernah memanfaatkan butir nasi yang oleh orang Jawa disebut upa (baca: upo) untuk menempelkan potongan gambar ke buku tulis. Teman sekolah saya juga melakukan hal serupa.

Bagaimana dengan lem stik kini? Dugaan saya tambah laku. Terutama dari jenis yang mengeklaim diri non-toxic alias tanpa bahan beracun. Pembelinya orang dewasa; bukan untuk membikin hasta karya tugas sekolah anaknya, melainkan mengelem papir sigaret saat melinting rokok.

Glue stick segitiga mempermudah manuver pengeleman

Maklumlah harga papir yang sudah bergaris lem gom arab (misalnya Roll Bond), biasanya berbahan kayu akasia, itu lebih mahal daripada kertas tanpa lem. Lalu apakah non-toxic juga berarti food grade dan food-safe? Saya belum mencari tahu.

Menurut kalangan lintingers sih lem stik untuk prakarya itu meskipun non-toxic kalau sudah semalam akan pahit saat rokok dibakar. Maka selain untuk berhemat, sekalian demi rasa, ada pelaku tingwé yang membuat lem sendiri dari tepung kanji.

Oh kenapa tak memanfaatkan upa, apalagi dari ketan? Nggrenjel, terasa kasar, kata lintingers. Tak cocok untuk papir yang tipis. Oh, bukannya upa mestinya berjodoh dengan papir yang menyebut diri rice paper?

Glue stick segitiga mempermudah manuver pengeleman

Papir tingwé dari Nigeria?

10 thoughts on “Glue stick segitiga, deodoran, lem nasi, dan tingwé

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *