Mencegah tembok ambruk itu penting, syukur jika aspek fungsional dan estetis berkejumbuhan.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Penahan tembok agar tidak miring di Jatirahayu, Pondokmelati, Bekasi

Namanya juga solusi untuk pencegahan. Yang penting mencegah tembok miring karena bisa ambruk. Soal di mata orang tertentu terasa mengganggu keindahan, yahhh… aspek fungsional lebih utama, bukan? Lagi pula tak merugikan tetangga. Tembok ini tidak berdiri di garis perbatasan dengan tanah tetangga.

Soal tembok memang tidak gampang karena menyangkut keselamatan. Pada perumahan yang temboknya saling menempel mungkin dinding rumah menjadi lebih kuat. Entahlah, bagaimana jika rumah sebelah di kanan, kiri, dan belakang dibongkar. Orang teknik sipil lebih paham.

Tembok yang sering saya lihat miring adalah tembok pagar yang berbatasan dengan jalan, termasuk tembok pagar dengan panel beton pracetak. Saya tak tahu bagaimana perhitungannya. Mungkin pemborong punya rumus sendiri. Atau malah semuanya diserahkan kepada tukang.

Tembok pagar tentu berbeda dengan tembok rumah. Dulu di Jogja saya pernah mendapat cerita dari seorang pemborong, beberapa tetangga kampung di luar tembok pagar sebuah rumah berhalaman luas memasang atap rumah mereka dengan membebani pagar. Akibatnya pagar bumi itu pun ambruk saat hujan deras.

Saya lupa adakah yang cedera berat. Yang saya dengar, sang empunya rumah besar pun ketempuhan, harus keluar biaya di luar perbaikan pagar miliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *