Terlalu banyak masalah di negeri ini. Publik kesal, sekaligus bingung. Tugas media untuk memetakan soal tanpa menambah keruwetan.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Infografik kegaduhan di KPK oleh Kompas

Selain berita OTT, bukan oté-oté seperti saya siang jelang sore ini, KPK juga terkabarkan dalam belitan masalah internal. Maka ada berita bertajuk “Kegaduhan Pemberantasan Korupsi” (¬ Kompas.id).

Ada dua tilikan gombal dari blog ini. Pertama: terlalu banyak masalah di republik ini, satu soal belum beres, eh muncul berikutnya, lebih dari satu, simultan pula.

Akibatnya publik pun bingung. Misalnya dalam kemelut KPK. Nah, tugas media adalah menyajikan simplifikasi masalah, syukur dalam rupa infografik maupun videografik. Walah, apa istimewanya? Nyatanya tak sekuat media mau padahal mampu. Apalagi nanti setelah penerapan AI makin asoi uhui wahihi.

Kedua: gaduh, dan kegaduhan, bukanlah istilah baru. Tetap seingat saya, istilah kegaduhan dalam politik muncul pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ingatan saya bisa salah, karena saya sedang malas mencari data, jadi tolong Anda koreksi.

Infografik kegaduhan di KPK oleh Kompas

¬ Infografik: Harian Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *