Ada dua cara membuang air hujan dan air kotor. Yang penting jangan membasahi halaman dan rumah sendiri.
↻ Lama baca 2 menit ↬
Contoh bagus membuang air kondensasi AC
CEGAH | Supaya air dari selang tak memantul ketika jatuh ke ember, dipasanglah papan kecil untuk jalan air.

AC yang menempel pada tembok di pinggir lorong, yang setahu saya bukan jalan umum, sehingga sepi, itu memiliki selang untuk membuang air kondensasi ke dalam ember bekas wadah cat.

Sebuah contoh yang bagus. Saya salut kepada pemilik rumah. Padahal air buangan AC tak sederas air hujan dari atap melalui talang, kan? Memang sih jika air ember tak sering dibuang akan menjadi rumah nyamuk.

Persoalan membuang air — bukan buang air — ini sering diabaikan pemilu rumah. Uang penting air keluar dari wilayah rumah. Air buangan cuci mobil dari carport langsung mengalir ke jalan. Bahkan ada kasus, air cucian mobil, dari sebuah rumah baru, sampai ke gerbang tetangga seberang rumah.

Dua saluran air cucuran atap ke jalan
KOMPAK | Dua saluran buang air cucuran atap, dari dua rumah beradu punggung, tanpa pipa hingga ke bawah. Saat hujan deras air jatuh ke jalan.

Saya malah beberapa kali melihat air dari lantai dua, mungkin dari ruang cuci dan jemuran serta kamar mandi atas, langsung keluar dari talang pendek horizontal. Mulut talang nongol dari tembok, langsung bertemu udara bebas.

Air cucuran atap dibuang ke jalan
LANCAR | Air dari atap dak lancar terbuang ke jalan, bahkan saat hujan deras. Dak tak menjadi kolam kecil.

Jika mulut talang tetap di atas, dari cucuran atap maupun lainnya, ketika debit bertambah, misalnya karena hujan deras, air tak jatuh lurus ke bawah lalu masuk got tetapi ke jalan, melainkan menyembur ke jalan.

Air cucuran atap masuk talang lalu ke got
SALURKAN | Air cucuran atap dibuang melalui talang kemudian pipa, menuju atas got.

Kata orang bijaksini, ini persoalan adab dan akhlak. Tepatnya: kesalehan sosial, bukan hanya saleh menurut formalitas hidup beragama. Tak beda dari antre apapun maupun menengok ke belakang setiap kali masuk lalu menutup pintu minimarket — hal yang sama saat keluar dari toko.

Air cucuran atap masuk talang lalu ke got
BUANG | Air cucuran atap dari talang masuk ke pipa tegak lurus pada tembok, masuk ke got.

Bagi pelaku, sepanjang tak ada komplain dari tetangga berarti oke. Kalaupun masuk Twitter, via @SeputarTetangga, nama mereka juga tak disebut.

Membuang air dari carport

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *