Angkringan di Bekasi ini menggiring ingatan saya ke komputer 1980-an, benda ajaib nan modern dan keren.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Angkringan Mas Taman Narogong Indah, Bekasi, Jabar

Jadi, nama warung angkringan yang sedang tutup ini apa? Mestinya Angkringan Mas. Tetapi bisa juga Ngundhuh Wohing Pakerti, artinya memetik hasil perbuatan. Atau mungkin namanya malah We Get What We Give.

Tetapi siang itu saya teringat istilah lawas “what you see is what you get“, yang disingkat WYSIWYG (baca:wisiwig). Artinya apa yang Anda lihat di layar komputer sama dengan apa yang Anda dapatkan.

Dahulu kala, komputer Apple Macintosh (¬ lihat MakeMac) mendahului IBM PC compatible generasi awal dalam urusan visual. Ketikan huruf miring, sebagai hasil cetakan pada kertas, sama dengan ketikan kursif (italic) pada layar pengolah kata Mac. Sedangkan pada IBM PC, hasil cetakan dan layar berbeda. Para boomers pasti mengalami WordStar edisi awal, dengan keluaran pada printer dot matrix.

Abad lalu, menggunakan Macintosh dengan printer laser adalah kemewahan. Pada IBM PC dengan Microsoft Windows awal, yang mensyaratkan monitor layak dan graphic card sesuai, kemewahan ala Mac hanya didapatkan jika pengguna menginstal aplikasi desktop publishing (DTP) macam Ventura Publisher dan Aldus PageMaker.

Padahal untuk Mac awal, tanpa PageMaker pun bisa, cukup memakai pengolah kata MacWrite karena komputer cap apel itu sudah memakai graphical user interface (GUI). Kini dalam era ponsel pintar, semua hal tadi hanya cerita aneh dan menggelikan. Cuma nostalgila bapak-bapak.

2 thoughts on “Angkringan We Get What We Give dan semoga WSYIWYG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *