Kini jelas dan resmi, Pemerintah Kobek memasang PJU di area saya. Selama ini warga memasang sendiri.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

lifting platform truck milik Kobek Kota Bekasi dengan tulisan si Sugeng

Di dekat rumah ada kesibukan, sebuah lifting platform truck sedang memasang lampu jalan. Syukurlah, pemkot menyediakan lampu jalan untuk warga pembayar iuran penerangan jalan umum. Selama ini warga yang mengurusi lampu jalan.

PJU Kobek Kota Bekasi di Jatirahayu, Pondokmelati

Hal pertama yang membuat saya terkesan saat melihat proses instalasi adalah tulisan pada sisi kiri bak truk: “Banprov DKI Jakarta TA 2018”.

Artinya, truk milik Dinas BMSDA¹ Bekasi itu dibeli dari duit pemberian DKI, tahun anggaran 2018. DKI memang membantu tetangga, misalnya Kota Tangerang Selatan, Banten, dan Kota Bekasi (Kobek), Jabar. Banprov DKI untuk 15 kali Banprov Jabar. Kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, DKI punya kepentingan di Bekasi dalam hal pembuangan sampah (¬ Kanal Bekasi, 2019).

Untuk Kobek, bantuan itu sebagai kompensasi dampak sampah Jakarta di TPST Bantargebang. Lahan seluas sekitar 100 ha tersebut, menurut Kepala BPKAD² Heru Budi Hartono, dibeli DKI dari warga pada 1989 (¬ CNN Indonesia, 2015).

Lalu apa lagi yang menarik dari truk itu? Stiker pada hidung truk mirip logo Harley-Davidson. Ada tulisan “URC PJU Kota Bekasi Keren”. Dari situs Dinas BMSDA Bekasi saya baru tahu bahwa keren itu abreviasi untuk “kreatif, enerjik, responsif, empati, nyata”. Ternyata itu slogan Kobek.

Si Sugeng BMSDA Bekasi Keren

Adapun Si Sugeng, itu tulisan pada kaca kokpit. Siapakah dia? Saya belum mencari tahu maupun tempe.

¹) BMSDA: Bina Marga dan Sumber Daya Air

²) BPKAD: Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

PJU: Penerangan jalan adalah…

Keamanan anak pergi sendirian

Kotak sakelar DIY alias swakriya

Jalan gelap tak ada hubungannya dengan kemakmuran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *