Yah, soal sudut pandang. Juga soal posisi amatan kita. Maka urusan ke kanan maupun ke kiri bisa tidak mutlak.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Remote controller itu sudah terhubung dengan ponsel via Bluetooth tetapi tak dapat berfungsi. Muncul diagnosis dari ponsel, baterai si peranti mungil itu sudah lemah. Akhirnya saya cek dengan pengukur memang sudah merah. Sudah lama alat ini tak saya pakai, bahkan hampir tak pernah, karena terselip dalam laci. Ini shutter release kamera ponsel.

Tetapi saya akan menceritakan soal membuka penutup baterai. Kenapa tutup itu lecet? Dengan koin, saya memutarnya ke kiri. Karena barangnya hitam, dan saya tak berkacamata, tak terlihatlah dua titik mungil dengan ikon lambang buka tutup. Mestinya saya membuka ke arah kanan.

Baiklah saya membela diri mengapa memutar ke kiri: menjalani kelaziman. Lumrahnya tutup dengan drat maupun penguncian gigit seperti bracket itu dibuka dengan memutar ke kiri. Misalnya tutup botol, tutup stoples, dan tutup baterai kancing pada umumnya alat.

Yakin? Oh, nggak juga ding. Beberapa penguncian model bayonet ada yang diputar ke kanan tetapi bentuknya bukan mangkuk tengkurap.

Lalu saya mencoba mengingat soal putar kiri dan kanan yang menyangkut buka tutup dan penyetelan besar kecil. Keran air berengkol umumnya dengan memutar ke kanan. Setelan api pada korek gas juga ke kanan.

Ehm, apakah ini bukan soal sudut pandang? Jika kita melihat penampang permukaan piringan dari arah ujung ulir baut, umumnya gerakan membuka ke kiri.

Tetapi jika kita melihat dari penampang tebal piringan, gerakan membuka tampak ke arah kanan.

Rumit? Ambillah botol Aqua. Jika kita lihat dari atas, saat membuka tutup kita memutar ke kiri. Tetapi jika kita melihat dari arah depan tutup, gerakan kita ke kanan.

Dalam kehidupan, sudut pandang terhadap sesuatu itu memengaruhi pengenalan atau persepsi dan penilaian kita. Bukankah begitu, bukan?

Eh, lantas tutup baterai ini sebenarnya ikut aliran buka kanan atau kiri? Anda saja yang memutuskan.

2 thoughts on “Membuka tutup itu putar ke kanan atau kiri sih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *