↻ Lama baca < 1 menit ↬

Cara menumpuk kardus minuman

Antara penting dan tak penting, tetapi kadang saya iseng memperhatikan sesuatu yang sepele secara berlebihan: cara menyusun karton makanan dan minuman. Biasanya kesempatan itu datang ketika saya duduk manis dan do nothing, seperti saat jeda dalam pertemuan malam di rumah Pak Ustaz. Baru kali itu saya memperhatikan informasi pada karton air kemasan gelas plastik.

Seperti banyak orang, punya warung maupun tidak, saya tahu ada aturan memperlakukan dus yang berisi makanan atau minuman. Kadang malah ada jumlah maksimum ketika dibawa dengan troli yang miring maupun tegak.

Cara menumpuk kardus minuman

Karena baru mengamati satu merek, yakni Vit, saya mencari pembanding merek lain. Kebetulan di rumah ada dus Aqua gelas. Ternyata contoh yang diberikan masing-masing itu berbeda.

Vit memberikan contoh dua belas dus, dengan susunan genap maupun gasal, dan tak ada rongga. Tidak saling mengunci seperti dalam gim blok di komputer dan ponsel tetapi tampak rapi. Sedangkan Aqua memperagakan contoh tiga belas dus, ada rongganya.

Apakah informasi ini mudah dicerna oleh awam? Lalu apakah konfigurasi itu merupakan tampak atas atau tampak samping?

Istilah “susunan karton per layer” apakah juga mudah dicerna? Misalnya dilengkapi satu ikon berupa gambar isometris mungkin akan menjadi lebih jelas. Saya katakan lebih jelas itu artinya yang ada sekarang sudah jelas namun dapat ditingkatkan.

Contoh gambar isometris

Ah, mungkin saya yang kurang kerjaan, memikirkan hal begituan. Bukankah selama ini tak ada konsumen yang memprotesnya?

¬ Contoh gambar isometris: Vecteezy.com

¬ Tambahan 25/11/2022 22.35: mungkin maksud gambar itu tampak atas, lapisan ganjil adalah susunan kardus pertama (terbawah), ketiga, kelima, dan lapisan genap adalah kedua, keempat, supaya terjadi semacam interlocking dan distribusi beban merata sehingga lebih kokoh. Tolong Anda koreksi apabila saya salah karena saya tak paham logistik dan manajemen pergudangan.