Saya menyukai Gil Sans untuk hal tertentu. Beberapa desain saya menggunakan itu. Karena belum tahu siapa penciptanya.
↻ Lama baca 2 menit ↬

Pedofilia bernama Eric Gill, kreator font Gill Sans

Sebenarnya ini bukan isu baru: Eric Gill, kreator fon Gill Sans, pernah melakukan pelecehan seksual terhadap kedua putrinya, bahkan melakukan hubungan inses dengan saudari perempuannya. Patung dia, sepasang manusia dewasa bercinta, dibuat berdasarkan aksi model, saudara perempuannya, yang diperankan bersama suaminya (The Guardian, 2009). Namun hal itu baru saya ketahui belakangan.

Tadi saya teringat fon Gill Sans ketika mengamati foto kiriman seseorang, via WhatsApp, bersama anak-anak di sebuah lokasi yang pernah diterpa bencana besar. Selain bertanya apakah dalam foto itu bangunan baru ataukah hasil perbaikan, saya juga bertanya mengapa kaos mereka masih berlogo lama dengan fon Gill Sans. Ternyata itu kaus stok lama.

Kontroversi Eric Gill menguat lagi Januari 2022. Protes terhadap pemajangan karyanya, antara lain di markas BBC, London, diwarnai pengecatan. Sebuah LSM mondial perlindungan anak, yang juga punya kantor di Indonesia, pun akhirnya mengganti teks Gill Sans pada logonya dengan fon Lato.

Kontroversi font Gill Sans dan penciptanya, Eric Gill

Cukup lama saya menyukai fon Gill Sans, bahkan pernah lebih dari sekali mendesain — ralat: tepatnya sekadar menata letak grafis — sampai kemudian muncul Gill Sans Nova karya George Ryan dari Monotype Studio.

Saya lebih menyukai fon yang merupakan kelanjutan fon Gill Sans karya Eric Gill itu. Dalam fon penerus, angka “1” tampak berbeda dari “l” (L dalam huruf kecil) dan “I” (i dalam rupa kapital). Microsoft juga menyediakan fon ini.

Kontroversi font Gill Sans dan penciptanya, Eric Gill

Salah satu produk grafis yang saya buat dengan fon Gill Sans adalah Koin Keadilan (¬ Rumah Langsat, Issuu, 2010). Saya menjadi editor akhir (nama tak saya cantumkan), dan untuk pekerjaan lainnya saya menggunakan nama alias. Kemudian dalam versi buku cetak ada nama saya karena sejawat saya, Yusro M.S., hanya mau mengirim ke Percetakan Gramedia kalau ada nama saya, padahal materi sudah ditunggu percetakan.

Maka terlihatlah bahwa buku itu total bermain Gill Sans, di sampul depan dan belakang, halaman isi, sampai halaman data buku (copyright page ), dan halaman Prancis. Sampai segitunya karena suka Gill Sans kecuali angka 1 dan lainnya.

Font Gill Sans dalam buku Koin Keadilan

Font Gill Sans dalam buku Koin Keadilan

Kini menyesalkah saya karena pernah suka dan menerapkan Gill Sans? Tidak. Karena saat itu saya belum tahu bahwa sang tipografer melakukan kejahatan seksual terhadap anak sendiri.

Font Gill Sans dalam buku Koin Keadilan

Tetapi dengan menyukai dan menggunakan Gill Sans Nova karya tipografer lain, padahal merupakan kelanjutan Gill Sans, di mana posisi saya dalam isu ini? Saya belum tahu. Maaf.

Cancel culture, pertarungan wacana, dan waktu

Wartawan itu getun, si tokoh melakukan kekerasan seksual

6 thoughts on “Pedofilia kreator fon Gill Sans

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *