Mulai 5 Oktober besok, TV analog tanpa STB tak bisa menerima siaran. Rencana lama tapi tak semua rakyat siap.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Kang Rusdi Oplosan sambil memasukkan alat pertukangan ke ransel sebagai ritual pamitan, menggerutu, “Pemerintah ini maunya apa, siaran TV model lama mau disuntik mati. Lalo kita nggak beli alat khusus, TV di rumah cuma item aja. Mulai tanggal lima besok, kan?”

“Biar gambarnya jelas, suaranya juga, Kang,” sahut Kamso.

“Katanya kalo digital nggak ada gambar semut tapi kalo sinyal jelek langsung nggak ada gambar, Pak?”

“Teorinya gitu, Kang.”

“Terus apa untungnya pemerintah sama yang punya siaran TV?”

“Katanya sih gelombang radio yang dipake jadi lebih ringkas, para pemilik stasiun bisa pake bareng satu paket. Bukan masing-masing pada langganan yang mahal jatuhnya, soalnya siaran analog, yang model lama itu, nggak sebagus digital yang gaya baru.”

“Oh, para bos TV kayak beli kuota internet hape buat sekeluarga itu ya?”

“Betul, Kang. Gelombang radio eh frekuensi itu milik publik eh negara, yang pake harus punya izin dan bayar sewa, bisa stasiun radio, stasiun TV, gitu juga operator siaran hape. Frekuensi itu terbatas, juga dipake buat keamanan dan perang. Kalo pake siaran digital, frekuensi bisa dihemat.”

“Mmmm gitu. Tapi kenapa rakyat harus beli alat apa itu supaya TV model lama bisa buat nangkep siaran? Katanya dulu bakal dibagiin gratis? Tiga ratus ribu mahal lho, Pak. Juragan TV mau ngirit silakan tapi jangan memberatkan rakyat melalui pemerintah dong. Apa-apa lagi mahal nih! Kenapa nggak ditunda? Biarpun katanya rencana lama tapi sekarang kan BBM naik, cabe juga mahal, bini saya ngeluh! Huh!”

“Marahnya jangan sama saya dong, Kang.”

“Nggaklah, Pak. Hahahaha. Tapi Pak Kam setuju kan kalo mau liat penyanyi ayu seksi yang gimana gitu malah di hape ada. Di TV jarang. TV di rumah sih buat bini. Kalo saya nonton penyanyi ayu di TV kelamaan, bini cemberut.”

6 thoughts on “Suntik mati siaran TV analog

      1. Saya juga belum cek apakah TV di rumah sudah bisa untuk siaran digital atau belum. Nunggu tanggal pemberlakuan saja nanti pasti ketahuan.😁

        Yang pasti, tiap hari penonton TV di rumah hanya saya (istri dan anak nontonnys YouTube di ponsel), dan TV saya pakai siaran berlangganan IndiHome.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *