Anak-anak tahu corn flakes dan popcorn namun belum tentu pernah melihat tanaman jagung. Indonesia produsen jagung nomor delapan.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Emping keripik jagung geprek

Ada yang menyebut camilan ini keripik jagung geprek, dan ada pula emping jagung geprek. Kesan saya ini mirip corn flakes atau sereal jagung.

Tadi saat ngemil ini saya teringat gerontol yang ketika menjadi ilmu ternyata tak bernama gerontologi. Saya membayangkan, si jagung geprek ini dari gerontol. Ternyata bukan. Salah satu resep dari produsen alat pengering makanan, jagung tua pipilan harus direndam 24 jam (¬ Wiratech).

Kapan Nusantara mengenal jagung? Tanaman pangan dari Amerika Selatan ini masuk ke sini abad ke-16, dibawa oleh orang Portugis. Singkong juga dari Amerika Selatan, dibawa ke sini oleh orang Portugis.

Jagung menjadi bagian dari panganan kita sehingga Ibu Sud menggubah lagu anak-anak “Menanam Jagung”. Anak keponakan, dan cucu kita juga tahu lagu itu namun mungkin ada yang belum pernah melihat tanaman jagung secara langsung.. Kalau popcorn, semua anak tahu.

Dari sepuluh negara teratas penghasil jagung 2014-2018, Indonesia berposisi di urutan kedelapan (¬ Databoks Katadata, Januari 2022 )

2 thoughts on “Keripik, emping, atau sereal jagung geprek?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *