↻ Lama baca < 1 menit ↬

Heboh pesta bikini di Depok, Jabar, Juni 2022

“Itu kenapa ya Tan, kok pada ngeributin pesta bikini?” tanya Nona Ceria kepada Kamsi saat mengantar lopis.

“Besok beritanya juga reda. Kamu kok belum ngantor, kan udah nggak WFH, Non?”

“Masih separo WFH kok, Tan. Soal bikini gimana dong?”

“Tanya Oom Kam tuh.”

Kamso yang sedang menyetel sepeda pun menyahut, “Soal bikini atau pestanya?”

“Dua-duanya, Oom.”

“Soal pesta di kolam, tergantung lingkungan. Kalo rapet, parkir mobil banyak, ya minta izin tetanggalah, karena pasti rame, apalagi pake musik.”

“Kalo soal pesta bikini?”

“Dulu waktu Sentul masih baru, temenku ngeluh sering ada party di kolam tetangga sebelah, juragan pengerah TKW migran. Dari lantai dua rumahnya keliatan, dia keganggu musik dan ketawa-ketiwi, soalnya kalo malem dia sering buka pintu dan jendela. Soal bikini dia nggak peduli.”

“Napa ya media demen berita bikini? Seleb berlibur, foto-foto dari IG pake baju renang jadi berita, pake judul ‘bikin salah fokus’ atau ‘bikin mata melotot’.”

“Editornya bermasalah dengan mata, kebetulan trafik jadi iman.”

“Emang berita bikini laku, kan udah ada di medsos?”

“Nggak tau. Padahal di online banyak yang jual swimsuit biasa, mini-bikini, sampe burkini. Yang pake juga tau diri, nggak bisa di sembarang tempat. Cuma di kolam eksklusif, atau pas staycation pake Airbnb, sama di hotel yang normal, mereka pake bikini selain di pantai.”

“Jadi apa masalahnya?”

“Soal bikini dalam arti dua potong pakaian dulu emang masalah. Bukan namanya yang nyomot nama atol buat nyoba bom nuklir, tapi soal kesopanan. Sebagian kalangan gereja di Barat masih jengah sama bikini yang terlalu terbuka, kayak mikrobikini, di tempat umum, apalagi kalo dipake anak bawah umur soalnya bisa membangkitkan iblis dalam diri pedofilia. Nggak melarang sih.”

“Jadi, bikini bukan cuma masalah sensitif di Depok ya?”

“Dulu bikini dianalogikan sama statistik, eh kabalik. Seterbuka apapun masih ngumpetin hal paling penting.”

¬ Gambar praolah: Stephen Hillenburg (SpongeBob SquarePants)