↻ Lama baca < 1 menit ↬

Batu kali di lapak daring untuk membasmi daki

Tadi ketika melihat batu yang tempo hari saya foto untuk posting batu sebagai penunda BAB dalam perjalanan, saya pun teringat hal lain. Batu utuh, bukan pecahan, dulu ada di kamar mandi banyak keluarga. Buat menghilangkan daki.

Saya waktu kecil pernah mengalami pakai batu. Maklumlah anak dulu keluyuran ke mana saja, hanya bersandal jepit atau malah bertelanjang kaki, dari kebun, ladang, kali, hingga jurang. Tetapi setelah daki hilang, kulit sekitar tumit perih, lecet.

Kemudian setelah saya mahasiswa, rumah ortu yang saya tempati buat indekos cewek. Di kamar mandi ternyata ada batu dengan jejak sabun yang mengering. Kangmas saya menanya itu batu siapa tak ada yang mengakui. Saat itu saya sangka batu kali tak dipakai pagi.

Tetapi hari ini, batu kali penghilang daki ternyata masih dibutuhkan, dijajakan di lokapasar. Batu kali, bukan batu apung untuk mengikis kulit mati. Lebih praktis membeli ketimbang mencari batu kali sendiri apalagi jika kita tinggal di kota besar. Lagi pula mana ada kali di Jabodetabek yang jernih?

Batu kali di lapak daring untuk membasmi daki

Selamat mudik, dan nanti balik, tanpa bawa kerikil