Kelas menengah paham bahasa Inggris, jadi info roti tak harus berdwibahasa, tak perlu teks yang mudah dibaca.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Teks bungkus milk bun bread roti tawar Tous Les Jours

Dari sebungkus roti tawar kita bisa menilik tiga hal: bahasa, persepsi konsumen, dan desain grafis.

Tentang bahasa Inggris, tanpa bilingual dengan bahasa Indonesia, selama ini berlaku asumsi bahwa produk untuk kelas menengah ke atas hal itu cukup. Padahal Pasal 39 Perpres No. 63 Tahun 2019 mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia dalam produk yang dibikin atau diimpor ke Indonesia. Roti dari perusahaan Korea Selatan ini dibuat di Karawang, Jabar.

Soal persepsi konsumen bahwa roti tawar tak perlu masuk freezer, itu masalah kebiasaan. Kalau cepat habis kenapa harus masuk kotak pembeku dalam kulkas, atau dalam ruang lain di kulkas?

Teks bungkus milk bun bread roti tawar Tous Les Jours

Adapun masalah desain grafis ada dua, yakni warna dan tipografi. Memang tak gampang merancang desain grafis pada plastik bening dengan isi barang berwarna terang. Pembuatan bidang gelap, misalnya cokelat, dengan teks putih, kalau tak tepat bisa mengganggu estetika dan citra jenama.

Hasil foto dalam posting ini saya gelapkan sehingga roti tampak agak gosong supaya teks putih menjadi kontras. Ketika potongan roti sisi luar, yang berkulit, sudah dimakan, tinggallah roti bersisi terang. Teks kurang terbaca. Maka ada foto yang arah hadap rotinya saya putar arah supaya menjadi latar gelap bagi teks putih. Niat banget ya? Biarin.

Ukuran teks putih di atas plastik bening ini, bagi mata saya, terlalu kecil, di bawah 10 pt. Bandingkan dengan teks pada bungkus bumbu dapur Miwon yang lebih kecil.

Teks bungkus milk bun bread roti tawar Tous Les Jours

Apakah ketiga hal itu masalah bagi konsumen, terutama konsumen setia? Tentu tidak. Sekali pernah tahu untuk selanjutnya ya tetap. Kalau pakai perbandingan ekstrem, nagasari dan lemper premium, dari toko roti dan kue cantik, malah tanpa informasi. Tapi kedua penganan itu bukan bikinan pabrik besar.

NPL: Produsen bilang, simpan roti tawar dalam kulkas (2015)

Roti Tawar dalam Kulkas dan Kisah Kondom

Roti Djoko nongol lagi

Roti jerapah, katanya

Roti dari Mesir di jalanan Jakarta

2 thoughts on “Roti tawar masuk freezer dan persoalan grafis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *