Ajaran lawas itu masih relevan dalam teknologi analog: jangan terburu-buru. Sarèh itu utama.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Pesan dari Cambridge Audio dalam kotak kardus amplifier

Sabar itu penting. Itulah pesan produsen audio dari Inggris untuk integrated amplifier bikinannya, saya blogkan pada 2007. Produsen subwoofer juga ada yang menyarankan pemanasan untuk pemakaian pertama kali.

Tentang pemanasan dan sejenisnya, pokoknya penyiapan, saya teringat zaman dulu ketika membeli ponsel dari masa ke masa, sebelum ada baterai lithium: untuk pengecasan pertama sebaiknya delapan jam. Kata siapa? Orang toko.

Dalam manual, sejauh saya baca, tak ada anjuran itu. Entah kalau di manual lain untuk merek berbeda.

Kalau Sabar Bakalan Ginanjar

2 thoughts on “NPL: Ajaran untuk bersabar dari produsen audio (2007)

  1. Betul, saya juga masih ingat saran orang toko tentang delapan jam pengecasan pertama ponsel baru. Dan dahulu ya saya praktikkan😁.

    Pemanasan yang lain, mesin motor di pagi hari, khususnya motor berstater dobel (engkol dan elektrik) yang berarti pakai aki.

    Saya lupa informasi dari mana, bahwa untuk pemanasan pagi hari/motor akan dipakai pertama kali, sebaiknya diengkol, bukan dihidupkan pakai stater elektrik. Agar aki lebih awet. Saya tak pernah cek kebenaran ilmiahnya, tapi saya praktikkan itu tiap hari — hingga sekarang.

    1. Untuk mobil, keluaran 2005 dan setelahnya tak butuh pemanasan lama. Tapi saya masih melakukan kalau mobil sempat rehat semalam apalagi lebih saat akan dipakai pertama hari itu. Cuma sekitar semenit, begitu putaran mesin turun, sehingga pelumasan semua parts sudah sip, mobil baru jalan.

      Tapi kalau ngegas dulu sebelum mematikan mesin, supaya aki gak tekor, saya nggak melakukan. Itu kan buat mobil dan motor lawas keluaran abad lalu. Menurut saya begitu. Nggak tau kalo menurut orang otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *