Menggerakkan partai butuh dana, apalagi kalau mau ikut party eh pesta demokrasi.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Humor partai mahasiswa dan student party

Ada dagelan ndak mutu: apa bahasa Inggrisnya partai politik? Jawabannya gampang: political party. Lalu ada celetukan: “Oh, suka party terus dong.”

Lalu bagaimana dengan Partai Mahasiswa Indonesia? Belum jelas. Bahkan kabar statusnya yang sudah terdaftar di Kemenkumham pun diperoleh media dari pernyataan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, saat dia menerima delegasi mahasiswa dan buruh, Kamis lalu (21/4/2022).

Artinya media tak beroleh kabar dari rilis partai maupun jumpa pers. Biasanya, perkumpulan yang membuat partai itu melakukan deklarasi. Jika perlu, penyerahan berkas pendaftaran ke Kemenkumham pun jadi berita, begitu pun setelah lolos, supaya calon konstituen tahu.

Jika sebuah partai ingin ikut pemilu, mereka harus terverikasi oleh KPU. Syaratnya antara lain punya pengurus di seluruh provinsi, dan di setiap provinsi harus punya minimum pengurus di 75 persen kota/kabupaten. Di setiap kota/kabupaten, partai peminat pemilu harus punya pengurus di 50 persen kecamatan. Di tingkat pusat sampai kota/kabupaten, setiap partai harus punya kantor tetap.

Saat ini di Kemenkumham terdaftar 75 partai, namun yang aktif secara administratif hanya 32 partai — tak sampai separuhnya.

Partai Mahasiswa Indonesia dipimpin oleh Eko Pratama, koordinator BEM Nusantara. Kantor pusat partai di Jakarta.

Lalu? Menggerakkan partai apapun membutuhkan ongkos, apalagi kalau mau ikut party eh pesta demokrasi.

¬ Gambar praolah: Shutterstock, Freepik

Bintang akhir pekan ini: Kaharuddin BEM SI

8 thoughts on “Aha! Partai mahasiswa!

  1. di Jerman ini banyak banget partai, tapi tidak semua masuk ke Bundestag (MPR).. ada juga partai lokal yang ikut pemilu lokal di negara bagian.. ada partai pembela hak hewan (Aktion Partei für Tierschutz dan Partei Mensch Umwelt Tierschutz), peduli lembaga iklim (Klimaliste Deutschland), hingga partai hip-hop (Die Urbane. Eine HipHop Partei).. 🤣

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *