Setelah semua hal ada dalam ponsel, masihkah buku doa menarik bagi milenial dan generasi Z?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Buku doa ukuran saku edisi 1966

Buku doa, dalam ukuran lebih kecil dari buku saku, ada di semua agama. Kini setelah semua informasi ada dalam ponsel — termasuk doa, renungan, dan khotbah — masih menarikkah buku kecil keagamaan bagi kalangan milenial dan generasi Z?

Yang saya maksudkan adalah kemasan fisiknya, yaitu buku, bukan kontennya. Dalam sebuah KRL saya pernah melihat seorang pria di atas 60 tahun, berkacamata tebal, berdiri sambil membaca buku kecil setebal jempol bertuliskan aksara Arab yang juga kecil yang setiap halamannya terbingkai ornamen. Saya menduga itu buku agama Islam, mungkin malah Alquran. Tetapi lebih dari sekali saya melihat orang muda membaca teks Arab dalam ponsel, kadang bibirnya bergerak-gerak. Saya tak tahu itu teks apa, tetapi saya mengandaikan itu buku keagamaan. Tata visual di layar tampak seperti buku, bukan web biasa.

Dulu, sebelum ada smartphone, saya teringat cerita seorang kakek kepada saya, istrinya menegur kenapa bangun pagi pukul lima langsung duduk diam di bibir ranjang melihat ponsel. Ternyata si kakek, yang aktivis gereja itu, berlangganan SMS premium doa pagi dan renungan.

Buku Doa, Buku Lama, dan Ketikan Bablas…

2 thoughts on “NPL: Buku mungil berisi doa harian (2011)

  1. Saya pernah punya buku Ayat Harian, yang terbit setiap tahun, dan biasa dibaca pagi. Sekarang buku itu sudah ada dalam versi aplikasi ponsel.

    Sudah lama saya tidak menggunakannya, tapi tetap berdoa tiap pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *