Masalah utama kunci dengan kombinasi angka adalah mata. Lalu soal desain dua sisi roda angka.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Kunci sepeda yang membingungkan

Karena kunci kecil bertali logam, untuk sepeda lipat tapi mirip tali gembok laptop, hilang bersama kotak perkakas, akhirnya saya beli lagi yang mirip. Juga kecil, tapi lebih murah daripada Ulac, Crops, dan Giyo. Sebetulnya kunci kecil ini lebih tepat untuk kunci helm, tapi setidaknya bisa membuat maling menunda eksekusi.

Nyamankah kunci dengan nomor kombinasi? Dari sisi jumlah digit, kalau tiga sampai empat saya ingat. Yang merepotkan bagi saya adalah soal visual. Mata saya plus minus, kacamata progresif tak selamanya menjadi solusi, apalagi di tempat temaram. Hal itu juga berlaku untuk kunci gerbang, maka saya tak memakai itu.

Soal lain, khusus untuk kunci ini, adalah roda angka ada di dua sisi badan kunci, depan dan belakang. Dalam foto contoh, kalau satu sisi 000, maka sisi sebaliknya 555. Karena masih baru, saya lupa arah hadap pengait buka tutup. Padahal dalam keadaan teracak, kedua sisi menghasilkan kombinasi berbeda. Pada kunci lama, roda angka ada di sisi samping badan kunci.

Mungkin si desainer ingin melatih daya ingat konsumen.

Kunci sepeda yang membingungkan

6 thoughts on “Kunci sepeda yang membingungkan

    1. Lhaaa.
      Coba bawa ke tukang kunci.
      Kalo tas dan koper sekarang banyak yang ramah TSA (Transportation Security Administration), bisa dibuka oleh mereka. Kalo gak salah kebijakan ini setelah 911. Tapi TSA itu Amrik.

      Soal lain, saya pernah ngeset kode buat kunci gede baru untuk sepeda. Begitu klik, gak bisa dibuka. Untung blm saya pasang. Barang saya buang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *