Apa sih bahasa Indonesianya rattle drum alias othung-othung? Nama mainan ini kurang jelas.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Pellet drum, rattle drum, Othung-othung mainan anak

Saya tak tahu nama mainan ini dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Jawa pun saya tak tahu. Ada yang menyebut othung-othung (dengan “u” mendekati orang Jawa melafalkan “masuk” sebagai “masook”), ada pula othong-othong tapi berbeda dari odong-odong, dan othuk-othuk maupun othok-othok tapi bukan kapal api dari kaleng.

Kalau bahasa Inggrisnya sih setahu saya rattle drum dan pellet drum. Cara membunyikannya tinggal diputar bolak-balik supaya anting-anting memukul membran.

Pellet drum, rattle drum, Othung-othung mainan anak

Barusan saya, untuk ketiga kalinya, menjemur mainan ini karena dua yang pertama selalu kehujanan tersebab saya lupa. Pada kesempatan ketiga, tadi, istri mengingatkan ketika gerimis menyapa, “Itu mainannu! Entar kehujanan lagi.”

Seberapa tua atau muda mainan ini dan bagaimana riwayatnya, saya tidak tahu. Saya memperolehnya sebagai barang bekas dalam garage sale di halaman kantor saya, Jalan Langsat, Jaksel, kira-kira sebelas tahun silam. Harganya Rp10.000.

Pellet drum, rattle drum, Othung-othung mainan anak

Dekorasi pada kulit tambur, mungkin dari kulit kambing, dikerjakan secara manual dengan tangan. Warna dasar setiap sisi berbeda, biru dan hijau.

4 thoughts on “Othung-othung, pellet drum, rattle drum

  1. Saya juga tidak tahu nama mainan ini tapi yang pernah saya lihat di Solo, seingat saya, bahannya dari kertas, bukan dari kulit kambing milik paman.

    Mungkin yg punya paman ini versi bagusnya, sedangkan yang ada di Solo itu versi massal yg jauh lbh murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *